Sentra Makanan Khas Yogyakarta, Gudeg. Ada di Kampung Wijilan

Sentra Makanan Khas Yogyakarta, Gudeg. Ada di Kampung Wijilan

SHNet, Jakarta – Gudeg, olahan makanan dari nangka muda dibumbui rempah dan gula jawa serta santan kelapa. Digodog dengan daun jati berjam-jam sehingga menghasilkan warna merah kecoklatan. Cita rasa manis gurih yang nikmat sekali jika di sandingkan dengan nasi hangat.

Semua pasti mengenal gudeg bukan, seantero negeri bahkan di luar negeri orang – orang tahu bahwa gudeg adalah makanan khas Jogja, dan tentu saja jika kalian berkunjung ke Jogja tak lengkap rasanya jika tak mencicipi olahan makanan ini.

Jika berwisata ke Yogyakarta, untuk mencicipi Gudeg sudah sangat mudah ditemui. Bisa dibilang setiap sudut kota ini banyak warga Yogya menjajakan olahan ini, namun siapa sangka bahwa ada satu kampung yang hampir semua warganya menjual olahan nangka muda ini.

Adalah di Kampung Wijilan namanya, di sepanjang jalan kampung ini hampir semuanya warung makan gudeg. Ya, tentunya semua warung mempunyai ciri khas olahan masing – masing walaupun pada dasarnya olahan ini sama, tergantung selera pengunjung ingin makan di warung yang mana. Bahkan ada satu warung yang menjual gudeg sejak tahun 1946, ini adalah warung tertua yang menjual gudeg disana. Warung Bu Slamet namanya.

Semakin berkembangnya zaman maka makin berinovasi pula olahan makanan ini, namun jika ingin mencicipi gudeg versi original masih banyak pula warung yang menjualnya.

Lokasi
Kampung Wijilan ini berada di kawasan benteng Keraton Yogyakarta. Jika kalian datang dr arah 0 km kota Yogja, maka jarak tempuh ke jalan Wilijan ini sekitar 30 menit.

Jadi, jika sedang berada di kota yang katanya selalu ngangenin ini jangan lupa mampir ke jalan Wijilan, menikmati Gudeg, makanan khas Yogyakarta. (ina)