Pangandaran Rasa Jimbaran di Kampung Turis

Pangandaran Rasa Jimbaran di Kampung Turis

SHNet, Jakarta– Menikmati hidangan seafood dan kelapa muda di tepi pantai memang menyenangkan. Apalagi di senja hari.

Duduk di pinggir pantai sambil melihat mentari yang pulang ke peraduannya diiringi alunan musik, luar biasa indahnya.

Jimbaran, Bali salah satu tempat yang terkenal untuk menikmati suasana tersebut. Ketenaran Jimbaran tidak hanya di kalangan wisatawan nusantara (wisnus), tetapi juga wisatawan mancanegara (wisman).

Tak heran bila Jimbaran menjadi ramai dikunjungi wisatawan di sore hingga malam hari saat mereka berada di Bali.

Namun tak hanya Jimbaran saja loh, menikmati suasana senja di tepi pantai, menyantap hidangan seafood dan alunan musik juga ada di Pangandaran, Jawa Barat.

Namanya, Kampung Turis. Tempat ini juga favoritnya wisatawan kala mereka berada di Pangandaran. Bahkan tak jarang orang menjuluki Kampung Turis, Pangandaran rasa Jimbaran. Di kampung ini juga berjejer puluhan kafe dengan aneka menu yang ditawarkan kepada wisatawan.

Pangandaran terletak dan berada di bagian tenggara Jawa Barat yang mana membuat kabupaten ini berbatasan langsung dengan Propinsi Jawa Tengah di sebelah timur serta Samudera Hindia di sebelah selatan.

Kabupaten Pangandaran dikenal sebagai salah satu tujuan wisata pantai favorit yang ada di Jawa Barat. Tak ayal, banyak sekali kuliner bertebaran di sana. Juga banyak kuliner yang enak dan siap memanjakan lidah pengunjungnya.

Pangandaran pun memiliki berbagai destinasi wisata yang begitu luar biasa, terutama
wisata pantai, cagar alam dan sungai deras yang terdapat air terjun. Namun, apabila Anda berwisata ke Pangandaran, tidak lengkap kalau tidak sekalian mencoba wisata kulinernya. Karena di Pangandaran terdapat makanan khas asli setempat dan rasanya
sangat enak di lidah.

Kampung Turis adalah sebuah kawasan kuliner khusus yang ditempatkan di pinggirpantai. Konsep kuliner ini mirip seperti kuliner seafood yang berada di pantai Jimbaran Bali, di mana meja dan tempat duduknya ditempatkan di area simpadan pantai.

Di sana terdapat dua blok kawasan kuliner, satu blok khusus berderet rumah makan seafood dan satu blok lagi berdiri sejumlah kafe yang biasa dijadikan tempat hiburan malam.

Di rumah makan seafood di kawasan kuliner ini terdapat berbagai menu makanan olahan laut yang rasanya maknyus dan mantap jiwa. Pangandaran memang terkenal dengan kuliner seafoodnya. Karena bumbu olahannya dipadukan dengan resep makanan khas Sunda.

Jadi, kalau anda mencicipi seafood Pangandaran, pasti akan sedikit berbeda dengan seafood di daerah lain. Hal itu yang membuat seafood Pangandaran terkenal dan selalu menjadi buruan para wisatawan.

Ada sekitar (12 kafe dan resto dengan arsitektur bambu yang eksotis di kawasan ini. Konsep bambu menjadi pilihan kolektif para pengelola kafe da resto di tempat ini.

Hal ini dikarena sejumlah pertimbangan, di antaranya ramah lingkungan, murah, sekaligus menjadi nilai unik yang disukai para wisatawan, khususnya turis asing. Di tempat ini terdapat berbagai macam minuman dan makanan khas kafé.

Untuk mencapai Kampung Turis, pengunjung perlu berkendara dari kawasan utama Pantai Pangandaran ke arah barat mengikuti jalan tepi pantai. Dibutuhkan waktu tak lebih dari 10 menit untuk mencapai tempat ini, dengan menggunakan mobil atau sepeda motor. Untuk wisatawan yang memerlukan kendaraan umum, Anda bisa memesan ojek.

Kampung Turis buka sejak pagi hingga malam. Bahkan khusus akhir pekan, sebagian kafe dan resto sudah menyediakan live music. (Stevani Elisabeth)