Menikmati Kuliner Tradisional di Desa Wisata Kemiren

Menikmati Kuliner Tradisional di Desa Wisata Kemiren

Gamelan di Pasar Jajanan Desa Kemiren. (Dok.www.travelingyuk.com)

SHNet, Jakarta- Desa Wisata Kemiren di Banyuwangi, Jawa Timur sejak lama sudah dikenal oleh wisatawan. Di desa yang dihuni oleh Suku Osing ini menyajikan berbagai atraksi wisata.

Namun ke Desa Wisata kemiren tidaklah lengkap kalau tidak menyicipi kuliner khasnya. Pasar Jajanan merupakan tempat yang wajib wisatawan kunjungi saat berada di Desa Kemiren.

Desa Wisata Kemiren merupakan tempat tinggal bagi Suku Osing. Dari dulu hingga sekarang, masyarakatnya setia melakukan berbagai tradisi. Rumah-rumahnya pun masih banyak yang tradisional khas Osing, yaitu berbahan kayu dan terdapat hiasan berupa kepala burung buraq. Untuk makin mengenalkan Osing Kemiren ke berbagai wisatawan, berbagai paket wisata pun dibuat. Pemuda asli Osing bekerjasama dengan pemerintah untuk memaksimalkan kegiatan-kegiatan tersebut.

Salah satu kegiatan yang rutin diadakan adalah Pasar Jajanan. Serunya lagi, Pasar Jajanan ini diadakan setiap Hari Minggu mulai jam 06.00 hingga pukul 10.00. Kegiatan ini dimulai sejak awal tahun 2017 lalu. Meski baru, namun minat wisatawan yang datang terus bertambah

Dikutip dari www.travelingnyuk.com ada banyak hal yang bisa dinikmati wisata saat mengunjungi Pasar Jajanan di Desa Wisata Kemiren. Di ujung pasar, wisatawan akan disambut dengan gamelan yang mengumandangkan bunyian khas Osing. Lengkap dengan pakaian khas Osing Kemiren yaitu berupa kebaya warna hitam dan jarik untuk para wanita.

Sambil mendengarkan alunan gamelan, kita dapat menikmati aneka kuliner. Ada banyak kuliner tradisional Banyuwangi, seperti Nasi Tempong, Sego Cawuk, hingga Bothok Tawon.

Hal lain yang tak kalah menarik perhatian adalah Barong Osing. Meski terlihat mirip dengan lainnya, Barong dari Osing memiliki filosofinya sendiri, di antaranya adalah sayap yang menggambarkan bahwa ayah sang kepala keluarga bisa berkelana sejauh mungkin untuk mencari nafkah. Bahasa Osing juga menjadi hal menarik lainnya yang menjadikan suku ini berbeda.

Jangan lupa untuk memborong oleh-olehnya. Desa Osing ini terkenal dengan olahan Kopi Jarang Goyang. Kemasannya yang modern memudahkan kopi ini untuk jadi buah tangan. Selain itu, ada juga batik dengan motif khas Banyuwangi seperti Gajah Oling bisa juga didapatkan di Pasar Jajanan, Desa Wisata Kemiren ini. (Stevani Elisabeth)