Mengulas Kecantikan Goa Napalicin di Desa Napalicin

Mengulas Kecantikan Goa Napalicin di Desa Napalicin

SHNet, Jakarta – Di negeri tercinta ini, bukan hanya di daerah Jawa saja yang mempunyai Goa dengan relif – relif indah nan alami. Ada diantaranya, Desa Napalicin Ulu Rawas Sumatera Selatan.

Goa Napalicin, didalamnya terbentuk pahatan – pahatan alami dari gerusan air yang menetes sejak ratusan tahun yang lalu. Nuansa yang ada di dalam Goa ini sungguh menarik, indah sekali layaknya suatu lukisan seni karya Sang Pencipta.

Goa Napalicin ini memiliki nilai misteri bagi masyarakat setempat, karena Goa ini menyimpan satu cerita legenda, Banyak versi cerita yang berkembang di kalangan masyarakat setempat, satu diantaranya, pada zaman dahulu kala, Konon katanya Goa ini adalah sebuah kapal yang terdampar. Kemudian datanglah seorang kesatria pengembara yang bernana Si Pahit Lidah, Sang kesatria ingin menaiki kapal ini namun tidak bisa, karena itu sang kesatria murka dan memberikan sumpahnya agar kapal ini menjadi batu. Karena sumpah itu terbentuklah Goa Napalicin ini.

Sepanjang lorong Goa hanya ada sedikit cahaya yang masuk dari celah – celah bebatuan pada dinding Goa. Namun ada beberapa titik penerangan berupa tongkat obor yang dipasang, sesekali terdengar tetesan air yang jatuh daru dari dinding serta atap goa yang berupa bebatuan, tetesan air ini mengasilkan irama yang merdu seolah instrument klasik yang sedang didendangkan.

Disini pengunjung juga dapat menjumpai spesies kekelawar yang menghuni Goa ini, jika pengunjung semakin masuk kedalam makan kekelawar ini berterbangan keluar. Sungguh pemandangan yang sangat menabjubkan.

Lokasi
Gua Napalicin ini berada di atas bukit dengan ketinggian 20 meter dari jalan, serta memiliki 4 lorong sepanjang 1.5 km yang menghubungkan 4 bukit. Yaitu, Bukit Payung, Bukit Semambang, Bukit Batu dan Bukit Karang Nato.

Terletak di Desa Napalicin Kelurahan Muara Kulam Kecamatan Ulu Rawas, Kabupaten Musi Rawas Utara. karena Goa berada di kawasan desa Napalicin maka di sebutlah oleh masyarakat setempat Goa Napalicin.

Transportasi
Menuju ke tempat wisata Goa Napalicin saat ini telah dapat di lalui dengan jalur darat, jika kalian datang dari kota Lubuklinggau maka estimasi jarak tempuh sekitar 5 jam perjalanan dan ini kendaraan bisa sampai ke kaki Goa. Ada lahan parkir di dekat Goa. kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki tentunya untuk memasuki Wisata Goa Napalicin ini.

Jika sampai pada puncak Goa, pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang sangat asri, alami tertata rapih, pepohonan yang bergelanyutan diterjang angin seolah menari – nari terlihat dari puncak bukit.

Bagi kalian pencinta wisata alam, jangan lewatkan keistimewaan Goa Napalicin ini. Perjalanan yang sedikit melalahkan dan memacu adrenalin diakhiri dengan menikmati keindahan alam yang sungguh aduhai. (ina)