Mau Tahu Bagaimana Gambar Virus Corona Baru? Beginilah Penampakannya

Mau Tahu Bagaimana Gambar Virus Corona Baru? Beginilah Penampakannya

SHNet, Jakarta – Virus corona baru yang sekarang dinamai COVID 19 menjadi hantu yang menakutkan di seluruh dunia. Virus yang mewabah pertama kali di kota Wuhan, Provinsi Hubei, China, telah mengakibatkan 1370 orang meninggal dan menginveksi setidaknya 60.000 orang.

Data terakhir orang yang sembuh sebagaimana dilansir kantor berita resmi Xinhua lebih dari 4000 orang. Virus ini juga telah menyebar ke 25 negara. Negeri tetangga Singapura telah menaikkan status kewaspadaan dari kuning menjadi oranye setelah otoritas setempat menemukan adanya orang yang terinfeksi padahal tidak memiliki riwayat berhubungan dengan penderita lainnya.

Tapi seperti apakah sebenarnya rupa virus corona baru itu? Laman Live Science merilis gambar corona virus itu. Pada Kamis (13 Februari), Rocky Mountain Laboratories (RML) di Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular Amerika Serikat mengungkapkan beberapa gambar pertama dari SARS-CoV-2.

Virus adalah gumpalan kecil infeksius yang terbuat dari DNA atau RNA yang terbungkus dalam mantel protein. Mereka terlalu kecil untuk dilihat oleh mikroskop cahaya tipikal.

Para peneliti di RML mencitrakan sampel virus dan sel yang diambil dari pasien AS yang terinfeksi COVID-19 (nama baru untuk penyakit yang disebabkan oleh SARS-CoV-2) menggunakan dua jenis mikroskop resolusi tinggi, yakni mikroskop elektron pemindaian dan mikroskop elektron transmisi.

Keduanya menggunakan sorotan elektron yang terfokus daripada sorotan cahaya untuk sampel gambar. (Warna ditambahkan kemudian ke gambar.)

Virus SARS-COV-2 terlihat mirip dengan coronavirus sindrom pernafasan Timur Tengah (MERS-CoV), yang muncul pada 2012, dan coronavirus sindrom pernafasan akut parah (SARS-CoV), yang muncul pada 2002, menurut sebuah pernyataan.

Itu karena ketiga virus ini berada dalam keluarga yang sama dengan “coronaviruses,” yang dinamai karena penampilannya yang seperti mahkota (paling jelas terlihat pada gambar elektron transmisi). Kata “corona” dalam bahasa Latin berarti “mahkota.” (Ina)