Kemendagri Dukung Gerakan Literasi Masyarakat

Kemendagri Dukung Gerakan Literasi Masyarakat

SHNet, Jakarta– Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mendukung gerakan literasi, utamanya dalam kaitannya dengan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, inovatif, dan memiliki kreativitas bagi terwujudnya masyarakat berpengetahuan dan berkarakter.

“Kami di Kemendagri sungguh-sungguh mendukung rencana baik dan program yang dilaksanakan Perpusnas. Rakornas Perpustakaan ini merupakan acara besar dan penting bangsa ini, salah satunya untuk mengupayakan gerakan literasi ini,” kata Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian saat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Perpustaka 2020, di Hotel Bidakara Jakarta, Selasa (25/2).

Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Muhammad Syarif Bando berterima kasih kepada Menteri Dalam Negeri, Karena menurutnya, Tito Karnavian salah satu duta literasi di Indonesia.

Selain pernah berkarir di kepolisian, Tito juga seorang guru besar, dan sering jadi pembicara baik di dalam maupun di luar negeri selalu dinanti dan menulis beberapa buku.

Syarif Bando menegaskan, pentingnya membangun kegemaran masyarakat guna meningkatkan indeks literasi.

“Kita berharap semua bisa memahami, tidak penting lagi kita ribut soal kegemaran membaca itu rendah,” jelasnya.

Menurutnya, perpustakaan saat ini harus menjadi tempat transfer of knowledge atau transfer ilmu pengetahuan. Bukan lagi sekadar perpustakaan sebagai gudang buku

“Perpustakaan bisa jadi tempat akselerasi pengetahuan. Perpustakaan hari ini harus mampu mentransfer knowledege agar orang membutuhkan mendapatkan, tidak penting kunjungan, yang penting akses,” jelasnya.

Dia menambahkan bahwa Perpustakaan memiliki peran penting dalam upaya mewujudkan sumber daya manusia yang unggul, mandiri dan mampu berdaya saing di era global. (Stevani Elisabet)