Candi Bumi Ayu, Peninggalan Kerajaan Sriwijaya Yang Mengagumkan

Candi Bumi Ayu, Peninggalan Kerajaan Sriwijaya Yang Mengagumkan

SHNet, Jakarta – Berwisata Ke Palembang jangan lupa mampir ke komplek percandian ini, disini kalian dapat berwisata sambil belajar sejarah loh.

Candi Bumi Ayu ini merupakan situs peninggalan pada zaman Kerajaan Sriwijaya, Candi Ini dibangun untuk beribadahnya rakyat Kerajaan Sriwijaya. Lokasi Candi ini berdiri cukup luas sekitar 76 hektare. Namun kondisi bangunan candi tidaklah semegah candi – candi yang ada di pulau Jawa seperti Candi Borobudur dan yang lainnya.

Candi Bumi Ayu adalah situs – situs peninggalan agama Hindu yang terdapat di pesisir sungai Lematang, tepatnya di Desa Bumi Ayu Kecamatan Tanah Abang Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, Sumatera Selatan. Dilansir dari Wikipedia

Penampilan Candi yang sederhana ini tetap memberikan nuasa agamis, ada 11 candi yang ada di dalam komplek Candi Bumi Ayu ini, saat berkeliling disana kalian dapat menjumpai Arca – Arca Simbol agama Hindu. Diantaranya Arca Siwa Mahaguru, Narawahana, Agastya dan Arca Nandi.

Disana kalian juga dapat melihat hiasan kereta yang ditarik oleh seekor singa di kedua sisi tangan.

Ada pula di satu candi terdapat kepala arca yang berwajah raksasa, satu lagi yang mengagumkan kalian dapat melihat arca seorang perempuan yang memegang ular dan arca perempuan yang menggunakan kalung tengkorak.

Seperti adanya candi – candi di pulau Jawa, Dahulu komplek candi ini juga ditemukan oleh peneliti dari luar negeri. Candi Bumi Ayu di temukan oleh ilmuan dari negara Belanda. E.P Tombrink pada tahun 1864.

Lokasi
Candi ini di namakan Candi Bumi Ayu adalah sesuai dengan lokasi keberadannya, di Desa Bumi Ayu, Candi ini berada sekitar 85 km dari Kota Muara Enim. Jika kalian datang dari arah kota Palembang maka akan menempuh jarak sekitar 300 km untuk sampai ke tempat wisata ini.

Transportasi
Menuju lokasi wisata Candi Bumi Ayu sangatlah mudah, kalian dapat menggunakan kendaraan darat.

Komplek Candi Bumi Ayu ini merupakan satu – satunya peninggalan Agama Hindu di Sumatera Selatan.

Jika kalian mengunjungi komplek sandi ini, kalian akan memepelajari banyak hal mengenai peninggalan Kerjaan Sriwijaya. (ina)