Berwisata Ke Air Terjun Legenda Joko Tarub dan Dewi Nawang Wulan

Berwisata Ke Air Terjun Legenda Joko Tarub dan Dewi Nawang Wulan

SHNet, Jakarta – Srambang Park, disinilah keberadaan Air Terjun dengan Legenda Joko Tarub dan Dewi Nawang Wulan.

Destinasi wisata ini sedang meroket kepopularanya di seantero negeri ini, wajar saja memang karena Srambang Park benar – benar dikemas keren luar biasa, seolah menjadi Ikon wisata di Kota Ngawi, pemandangannya sungguh elegan. Selain ada Air Terjun Legenda Joko Tarub dan Dewi Nawang Wulan juga telah di bangun kolam pemandian bidadari – bidadari yang turun dari langit. Dan tentunya ada aliran sungai yang jernih, bunga – bunga hutan yang di bentuk berupa bentuk hati dan yang lainnya, pepohonan yang asri, dihiasi dengan payung – payung warna – warni, semua tertata rapih, bersih, indah sekali namun tetap terjaga kealamiannya.

Destinasi wisata alam yang saat ini mempunyai luas sekitar 11 hektare ini, mempunyai cerita legenda pertemuan Joko Tarub dan Dewi Nawang Wulan, di Air Terjun ini.

Alkisah turunlah 7 bidadari dari langit untuk mandi di air terjun, saat itu Joko Tarub melihat para bidadari mandi dan mencuri salah satu selendang. Ternyata selendang itu milik Dewi Nawang Wulan. Singkat cerita menikahlah Joko Tarub dan Dewi Nawang Wulan. Dan pada suatu waktu sang Dewi menemukan selendannya yang hilang, selendang yang membuatnya tidak bisa kembali ke langit bersama para bidadari lainnya, ternyata di curi oleh suaminya. Merasa sakit hati karena yang mencuri selendangnya adalah Joko Tarub, sang Dewi pun memutuskan untuk kembali ke Langit.

Joko Tarub merasa sedih sekali, di Air Terjun ini juga mereka berpisah. Pada saat perpisahan Joko Tarub mengatakan kepada Dewi Nawang Wulan untuk sering menengok dirinya dan anaknya, Nawangsih. Konon katanya permintaan Joko Tarub inilah asal muasal nama Srambang pada air terjun ini. Srambang dalam bahasa jawa mempunyai arti menyambangi atau menengok.

Dan banyak pula cerita berkembang di masyarakat, jika kalian mencuci muka atau mandi di air terjun ini akan membuat kalian awet muda atau cantik seperti para Bidadari tersebut.

Daya tarik legenda ini banyak lah menyedot para wisatawan dari seantero negeri untuk datang mengunjungi, untuk ikut membasuh muka dan mandi disana. Selain itu hampir semua sudut di destinasi wisata ini sangatlah menarik untuk di jadikan spot berfoto.

Lokasi
Destinasi wisata pegunungan ini berada di sebelah barat wilayah Kota Ngawi, tepatnya Srambang Park ada di Desa Girimulyo, Kecamatan Jogorogo Kabupaten Ngawi Jawa Timur.

Fasilitas
Destinasi wisata Srambang Park ini sudah cukup lengkap fasilitasnya. Banyak terdapat Area parkir di sekitar lokasi wisata, musolah, kamar mandi atau toilet juga sudah cukup banyak, warung makan pun banyak di lokasi wisata.

Untuk tiket masuk sangatlah terjangkau, hanya Rp.15.000,- perorang.

Transportasi
Jika kalian datang dari pusat kota Ngawi, sekitar 33 km atau sekitar 1 jam perjalanan dengan jalur darat untuk sampai ke lokasi wisata.

Sangat mudah menuju lokasi wisata karena di sepanjang jalan akan ada papan penunjuk arah ke lokasi wisata Srambang Park ini.

Pada saat waktu libur nasional atau hari besar agama, Srambang Park ini sangat ramai di datangi pengunjung, yang bukan hanya dari daerah Ngawi saja, tapi dari daerah – daerah tetangga bahkan pengunjung dari luar pulau pun ada yang datang.

Ayo datang ke Srambang Park, berwisata alam menikmati suasana pegunungan yang alami dan mencoba merasakan dinginnya Air Terjun legenda Joko Tarub dan Dewi Nawang Wulan. (ina)