Ada Surga di Teluk Kiluan Lampung

Ada Surga di Teluk Kiluan Lampung

SHNet, Jakarta – Lumba – lumba berenang berkelompok mendekati perahu – perahu kecil yang berada di sekitarnya, seperti menari mereka meliuk – liukan tubuhnya turun naik di laut teluk kiluan.

Teluk Kiluan benar – benar menyajikan pemandangan luar biasa menabjubkan, layaknya surga bagi para pencinta wisata bahari.

Pemandangan pantai yang sungguh aduhai, gradasi pantulan cahaya matahari kepada air laut berkilauan berwarna biru cerah, airnya yang jernih, pantainya dengan pasir putih yang halus seolah menjadi magnet bagi para pengunjung untuk segera bermain di tepiannya.

Pemdangan pulau – pulau kecil yang mengelilingi teluk sungguh indah, ratusan lumba – lumbah menghuni teluk ini. Keramahan lumba – lumba di teluk ini menjadi daya tarik paling memikat di wisata ini. Banyak wisatawan dalam maupun luar negeri yang datang untuk melihat bahkan berenang bersama lumba – lumba.

Teluk Kiluan juga menyuguhkan panorama hutan pada pulau – pulau kecilnya, sangatlah menarik untuk di jelajahi. Beragam flora fauna yang hidup disana.

Lokasi
Teluk Kiluan adalah objek wisata yang terletak di Bumi Sari Natar, Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung.

Transportasi
Jika pengunjung datang dari arah kota Bandar Lampung maka akan menempuh jarak sekitar 80 km atau sekitar 3 jam perjalanan dengan jalur darat. Dan setibanya di sana, masih harus melanjutkan perjalanan menggunakan perahu kecil untuk sampai ke pulau teluk kiluan, perjalanan dengan perahu ini memakan waktu sekitar 20 menit, dengan biaya Rp.15.000,- perkepala.

Fasilitas
Telah tersedianya lahan parkir yang cukup luas disana, jika kita membawa kendaraan pribadi, untuk mobil dikenakan biaya parkir 20.000, baik menginap ataupun tidak.

Telah tersedia pula homestay – homestay disana, baik di desa maupun di teluk kiluan sendiri. Di desa teluk kiluan ini telah banyak warga setempat yang membuka bisnis homestay bagi para pengunjung, mereka membangun kamar – kamar dari kayu dengan fasilitas lengkap seperti kamar mandi di dalam ruangan, kasur, kursi santai, kipas angin lengkap dengan makan pagi sampai malam.

Di Teluk Kiluan selain Lumba – lumba ada juga Ikan Paus yang menjadi magnet para penggunjung, selain terkenal dengan keindahan alamnya teluk ini ramai di kunjungi karena spot memancing yang keren. Teluk ini surga bagi para pemancing handal karena banyak berbagai jenis ikan yang hidup disana.

Satu lagi surga Teluk Kiluan, yaitu Laguna Kiluan, kolam renang alami yang terdapat di balik bukit kiluan. Perjalanan menuju laguna cukuplah melelahkan karena harus menanjak dan menuruni bukit serta berjalan di pinggiran bukit yang terjal dengan karang yang tajam namun semua penat akan terbayar tuntas jika sampai di lokasi laguna. Ke eksotisan laguna ini sungguh luar biasa. Kolamnya terbuat alami dari karang – karang yang besar, terisi air laut karena deburan ombaknya. Sungguh indah luar biasa.

Teluk Kiluan memang surganya pencinta wisata pantai, dapat juga bersenokerling disana melihat biota bawah laut yang cantik, lalu dilanjutkan menunggu sunset yang menggoda keindahanya.

Betah rasanya berlama – lama di Tekuk Kiluan ini. (ina)