Pemberdayaan Wisata Kreatif di Desa Pujon Kidul

Pemberdayaan Wisata Kreatif di Desa Pujon Kidul

Desa wisata Pujon Kidul, Malang, Jawa Timur. (Dok.www.travelblog.id)

SHNet, Malang- Perberdayaan masyarakat bisa dilakukan delam mengembangkan pariwisata. Termasuk juga dalam mengembangkan desa wisata.

Masyarakat desa diajak untuk turut serta mengembangkan pariwisata di desa tersebut. Sepeti yang dilakukan oleh masyarakat di Desa Pujon Kidul, Malang, Jawa Timur.

Pengembangan Desa Wisata Pujon Kidul dimulai pada 2015 ketika menerima dana desa sebesar Rp 700 juta. Dana tersebut digunakan untuk membangun infrastruktur fisik seperti jalan dan jembatan. Sebesar 70% digunakan untuk pemberdayaan dan pembinaan desa serta sisanya untuk operasional.

Pemberdayaan wisata kreatif di Desa Pujon Kidul membuat warga desa bisa memperoleh upah sebesar Rp 1,5 juta perbulan. Penghasilan setidaknya bisa membuat warga tidak perlu mencari pekerjaan ke wilayah yang lain. Efeknya tentu pada angka kemiskinan yang menurun. Pada tahun 2016 lalu warga miskin di Desa Pujon Kidul tercatat mencapai 387 jiwa dan kemudian berkurang menjadi 257 jiwa satu tahun kemudian

Ketua Tim Percapatan Pengembangan Pariwisata Pedesaan dan Perkotaan Kementerian Pariwisata, Vitria Ariani mengaku adanya desa wisata Pujon Kidul ini membuat tingkat pengangguran berkurang. Bahkan penghasilan keseluruhan bisa mencapai 14 miliar per tahun dari desa wisata tersebut.

“Dulu banyak pengangguran disini. Sekarang semua bisa jadi pengusaha. Dampak positif tentu penurunan angka kemiskinan, sebab semua pelaku dan pekerja adalah masyarakat desa Pujon Kidul,” ucapnya.

Pemberdayaan wisata kreatif di Desa Pujon Kidul membuat warga desa bisa memperoleh upah sebesar Rp 1,5 juta perbulan. Penghasilan setidaknya bisa membuat warga tidak perlu mencari pekerjaan ke wilayah yang lain. Efeknya tentu pada angka kemiskinan yang menurun. Pada tahun 2016 lalu warga miskin di Desa Pujon Kidul tercatat mencapai 387 jiwa dan kemudian berkurang menjadi 257 jiwa satu tahun kemudian.

Desa Wisata Pujon Kidul menawarkan fasilitas outbond seperti bermain paintball, ATV, trail, dan panahan. Kita juga dapat belajar mengenal dunia pertanian dan peternakan. Di Desa Wisata Pujon Kidul terdapat beberapa pertanian seperti tomat, cabai, dan tumbuhan herbal. Kemudian ada juga peternakan sapi yang menghasilkan susu perah.

Kuliner di Desa Wisata Pujon Kidul juga tidak kalah menarik. Banyak pilihan kuliner yang pastinya merupakan kuliner pedesaan khas Pujon Kidul dan kuliner pedesaan lainnya. Salah satu destinasi wajib jika berkunjung kesana adalah Kafe Sawah yang menyajikan pemandangan alam dan suasana sawah. Kafe Sawah juga menyediakan tempat berselfie yang pastinya instagramable.

Ada tempat nongkrong baru bernama Cafe Sawah yang berlokasi di Desa Wisata Pujon Kidul, Kecamatan Pujon. Seperti namanya, Cafe ini berkonsep outdoor dan tentunya terletak di tengah-tengah ladang sayur-mayur. Berlatarbelakang perbukitan dan pegunungan, serta udara yang masih segar dan sejuk, dijamin stress anda akan hilang ketika tiba di sini.

Tempat ini bukan sekadar café, sebab di sini anda juga akan disuguhi hamparan bunga-bunga, sehingga akan cocok bagi anda yang gemar selfie. Di sana juga disediakan spot foto yang romantis bagi anda yang punya pasangan. Namun, jangan khawatir, bagi anda yang jomblo tetap bisa berfoto di sini kok, hehehe.

Salah satu spot foto favorit di tempat ini adalah taman kecil yang berbentuk dua hati. Tak ayal, tempat ini juga disebut “Taman Cinta” oleh muda-mudi yang berkunjung ke sini.

Selain Kafe Sawah Desa Wisata Pujon Kidul juga memiliki destinasi wisata lainnya yaitu The Roudh 78. The Roudh 78 menawarkan berbagai kegiatan fisik seperti kegiatan off road dengan jeep tempur. Dengan jeep itu, kita juga akan diajak berkeliling Desa Wisata Pujon Kidul hingga menyusuri perkebunan, peternakan, dan persawahan yang ada di sana. Di tempat ini juga disediakan tempat bermain paintball.(Stevani Elisabeth)