Pantai Kuta Lombok yang Eksotik

Pantai Kuta Lombok yang Eksotik

Pantai Kuta Lombok yang eksotik (Dok.www.pesona.travel.com)

SHNet, Jakarta- Pantai Kuta sudah lama dikenal oleh wisatawan yang berkunjung ke Bali. Salah satu spot menikmati matahari tenggelam (sunset) yang menarik.

Namun, Pantai Kuta tak hanya di Bali saja. Di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) juga mempunyai Pantai Kuta yang eksotik..

Birunya air laut nan jernih, deruh ombak yang tenang, eloknya barisan terumbu karang di sekitar bibir pantai, membuat kita betah tatkala mengunjungi Pantai Kuta yang berlokasi di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah ini.

Apalagi, kalau kita menikmatinya dari ketinggian. Maka semua panorama eksotis yang ditawarkan Pantai Kuta seakan terbingkai dalam satu frame indah. Tapi, dari mana kira-kira? Tentunya dari atas Bukit Mandalika yang lokasinya persis di sekitar area pantai.

Tapi, kalau kita mau menikmatinya dari bibir pantai juga tak kalah indah, kok. Karena, kita akan menemukan hal lain yang mungkin tak dapat kita jumpai di pantai mana pun di dunia ini. Yakni, serpihan pasir merica. Dinamakan begitu karena ukuran pasir di pantai ini berbeda sendiri dibanding pantai-pantai lain.

Dikutip dari www.pesona.travel.com biasanya pantai memiliki pasir halus di dalamnya, tapi di sini, ukuran pasir pantainya sebesar merica. Sungguh menakjubkan! Di pantai ini pun bisa untuk dijadikan tempat berekreasi yang nyaman.

Seperti menyelam dan snorkeling demi menikmati indahnya alam bawah laut dengan hiasan terumbu karangnya. Nah, untuk yang hobi berselancar, ternyata ombak di Pantai Kuta juga mendukung. Datanglah pada bulan Juli hingga Agustus. Sebab, saat itulah ombak sedang bagus untuk kita berselancar.

Indahnya alam sudah didapat, apalagi yang seru? Tentu acara adat tahunannya, yakni perayaan upacara Bau Nyale. Setiap bulan Februari hingga Maret, pantai ini akan lebih ramai dari biasanya. Sebab, warga lokal maupun wisatawan asing akan tumpah ruah berkumpul demi menyaksikan upacara adat ini.

Nyale sendiri adalah sejenis cacing laut yang berjumlah miliyaran, dan akan muncul setahun sekali. Munculnya pun hanya di Pantai Kuta saja. Dari pagi hari, warga sudah berkumpul, sebab nyale biasanya keluar pada pagi hari, antara pukul 04.00 hingga 05.00 WITA. Menurut masyarakat sekitar, munculnya nyale akan membawa berkah bagi siapa pun yang menyaksikannya. Makanya tak heran saat perayaan upacara ini selalu ramai dikunjungi.

Bagi yang mau berkunjung ke Pantai Kuta, aksesnya cukup mudah ditempuh. Hanya berjarak 72 kilometer dari Kota Mataram. Biasanya, dengan jalur darat hanya memakan waktu 90 menit. Jika ingin berlibur seharian di pantai, pastikan kita menyewa kendaraan pribadi. Sebab, kendaraan umum menuju ke sini masih jarang. Jam operasionalnya hanya sampai pukul 15.00 WITA. Tapi, kalau mau menginap, di sekitar pantai mulai banyak hotel dan resor. (Stevani Elisabeth)