Chia Seed, si Kecil yang Kaya Manfaat

Chia Seed, si Kecil yang Kaya Manfaat

SHNet, Jakarta – Mengkonsumsi biji-bijian sudah menjadi trend hidup sehat saat ini, bukan hanya sehat namun juga bisa membuat hidup lebih bahagia. Dikarenakan kandungan zat yang ada dalam chia seed dapat berfungsi sebagai penangkal penyakit.

Walapun masih banyak orang yang belum mengenal biji-bijian ini, di Indonesia sudah mulai di budidayakan. Chia seed adalah tumbuhan dari Salvia hispanica, yang berasal dari daerah Mexico Amerika, merupakan tanaman yang menghasilkan biji-bijian berbentuk kecil-kecil berwarna agak gelap.

Chia seed mengandung banyak zat, omega-3, serat yang bermanfaat baik bagi tubuh dan juga kaya akan antioksidan.

Beberapa media juga mengklaim bahwa mengkonsumsi dapat menurunkan berat badan karena kandungan serat dalam chia seed terbilang cukup tinggi sehingga dapat memperlancar pencernaan.

Selain dapat menurunkan berat badan, chia seed juga berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dan menjaga kesehatan jantung, mencegah kangker, menjaga kesehatan tulang dan gigi serta menjaga kesehatan kulit. Dikarenakan chia seed dapat menangkal radikal bebas karena mengandung antioksidan yang cukup tinggi.

Chia seed yang bentuknya hampir mirip dengan biji selasih ini aman dikonsumsi oleh semua kalangan, dewasa maupun anak-anak. Bisa di konsumsi mentah atau di masak. Seperti dicampurkan kedalam bubur sereal, taburan salad, dimasukan ke dalam puding dan sebagainya atau dapat di jadikan minuman, dipadukan dengan lemon dapat menambah kesegaran badan.

Meski bermanfaat bagi kesehatan tubuh, chia seed tidak boleh dikonsumsi berlebihan. Hidup akan lebih lama jika melakukan pola makan sehat.(Ina)