Beragam Kawah Unik di Taman Wisata Alam Kamojang

Beragam Kawah Unik di Taman Wisata Alam Kamojang

Kawah Manuk. (Dok.www.travelblog.id)

SHNet, Bandung- Kawah merupakan bagian puncak gunung berapi yang dilewati bahan letusan berbentuk lekukan besar selain itu kawah juga diartikan sebagai lubang besar yang berbentuk cekungan pada gunung berapi yang terjadi karena adanya letusan gunung.

Kekayaan alam seperti kawah ini seringkali dijadikan tempat wisata oleh warga sekitarnya, karena selain unik dan pemandangannya yang indah kawah juga memiliki ketertarikan tersendiri bagi siapapun yang mengunjunginya. Dan beberapa waktu ke belakang ini, kawah menjadi destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi.

Dikutip dari www.travelblog.id , Bandung memiliki kawah cantik dan indah seperti Kawah Putih yang berada di Ciwidey, Kabupaten Bandung. Tidak hanya itu, ternyata Bandung masih memiliki kawah-kawah yang menawan lainnya, yaitu kawah-kawah yang berada di Taman Wisata Kawah Kamojang. Kawasan ini terletak di perbatasan Kabupaten Bandung dan Garut, cukup membingungkan untuk memastikan kawasan wisata ini berada di mana tepatnya.

Kamojang Bridge. (Dok.www.travelblog.id)

Taman Wisata Kawah Kamojang berada di Desa Cibeet Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung, yang kedua memasuki wilayah Desa Randakurung Kecamatan Samarang Kabupaten Garut. Untuk memasuki wilayah ini pun pengunjung bisa dari arah yang berbeda loh, dari Ibun Paseh Majalaya atau dari Samaran Kabupaten Garut. Namun yang jelas kawasan ini terletak di PT Indonesia Power dan PT Pertamina Geometral Energy.

Kawasan Kawah Kamojang memiliki beberapa kawah yang unik dan menarik di dalamnya, untuk memasuki kawasan ini pengunjung tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam karena harga tiket masuk tersebut terbilang cukup murah. Setiap wisatawan hanya dikenai biaya Rp7.500 dengan asuransi sebesar Rp2000, untuk sepeda dikenakan biaya sebesar Rp3.000, sepeda motor Rp7.500, mobil sebesar Rp15.000 dan bus sebesar Rp75.000.

Kawah yang ada di Taman Wisata Kawah Kamojang ini cukup beragam. Ketika Anda telah masuk melalui pintu masuk utama kurang lebih 100 meter ke depan, Anda sudah langsung disuguhi pemandangan indah dari Kawah Manuk. Kawah Manuk berada di tepi jalan, Anda juga dapat berhenti terlebih dahulu dan berfoto di tepi kawah. Kawah ini disebut kawah Manuk karena mengeluarkan suara seperti manuk. Manuk merupakan bahasa Sunda untuk Burung. Selain itu, kawah ini juga sering dikerubuni oleh burung-burung.

Persis di sebelah kawah Manuk ada kawah lainnya yang bernama kawah Berecek. Dinamakan berecek karena kawah ini tidak terlalu besar dan hanya seperti genangan air atau becek. Setelah memasuki kawasan Taman Wisata dan sudah memarkirkan kendaraan, Anda harus jalan terlebih dahulu sekitar 100 meter untuk bertemu dengan Kawah Kereta Api tetapi jangan khawatir medan jalan menuju kawah-kawah lainnya tidak rusak, bahkan bersih dan sudah dikelola dengan baik oleh pengelola. Kawah Kereta Api terbilang cukup unik karena kawah ini dapat mengeluarkan uap panas yang menyebur dari pipa besi, kawah ini cukup berbahaya, maka dari itu pihak pengelola mengelilingi kawah tersebut dengan pagar besi.

Selanjutnya Anda diharuskan berjalan sedikit agak menanjak untuk menemukan Kawah Hujan, uniknya kawah ini mengeluarkan uap panas dan cipratan air. Kawah ini pun memiliki julukan sauna alami. Konon katanya, uap panas dari Kawah Hujan dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung, rematik, tekanan darah tinggi, hingga stroke.  Selain berwisata, Anda juga dapat melakukan terapi alami di kawah ini.

Taman Wisata Kawah Kamojang menjadi tempat wisata yang murah, unik dan sangat mengedukasi. Cocok sekali untuk Anda yang memiliki anak kecil untuk diberikan pengetahuan mengenai kekayaan alam Indonesia yang luar biasa indahnya. (Stevani Elisabeth)