Andaliman Bumbu Penting Masakan Khas Batak Toba

Andaliman Bumbu Penting Masakan Khas Batak Toba

SHNet, Jakarta – Sudahkah anda mengenal andaliman, bumbu masakan khas dari tanah Batak Toba dan Medan.

Mungkin belum banyak orang yang tahu bumbu masakan yang berbentuk bulat kecil-kecil ini, mirip dengan buah lada namun rasanya tidak sepedas lada dan cabai. Andaliman biasa di sebut Merica Batak karena saat ini masih masyarakat di provinsi Sumatera Utara saja yang menggunakanya sebagai bumbu masakan.

Andaliman dengan nama latin zanthoxylum ini adalah tanaman yang buahnya kecil -kecil, bergerombol membentuk rumpun jeruk-jerukan.

Andaliman mempunyai cita rasa dan bau yang khas, Kaya akan vitamin C dan E serta dapat berfungsi sebagai anti mikroba dan anti oksidan karena merica batak ini mengandung senyawa minyak atsiri dan alkaloid.

Bumbu ini di Indonesia hanya dikenal untuk masakan Batak, cukup berperan penting dalam masakan khasnya. Terutama untuk masakan Batak seperti arsik (ikan mas bumbu kuning) dan saksang (gulai babi).

DiIndonesia Andaliman tidak cukup terkenal, namun lain halnya di negara-negara Asia lainnya. Bumbu masakan ini cukuplah terkenal dan sering digunakan. Di Jepang dikenal dengan nama sansho, di Korea bernama sanchonamu sedangkan di China dikenal dengan nama huajiao. Orang-orang di Tibet dan India juga mengenal bumbu masakan ini. Dalam bahasa inggris nama bumbu ini di kenal dengan beberapa macam nama seperti Sichuan pepper, Chinese pepper, Japanese pepper dan Indonesian lemon pepper.

Saat ini jika ingin mencicipi makanan dengan bumbu khas andaliman hanyalah dengan mengunjungi daerah Batak Toba, Tapanuli, Medan dan sekitarnya.(ina)