Mendikbud Imbau Perkuat Program Kebudayaan untuk Para Milenial

Mendikbud Imbau Perkuat Program Kebudayaan untuk Para Milenial

Mendikbud Nadiem Anwar Makarim melantik Hilmar Farid sebagai Dirjen Kebudayaan Kemendikbud di Grha Utama, Kantor Kemendikbud, Jakarta, Senin (16/12).

SHNet, Jakarta – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim meminta Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid beserta jajarannya, meningkatkan program kebudayaan bagi para pemuda atau milenial.

Mendikbud mengatakan hal ini saat melantik kembali Hilmar Farid sebagai Direktur Jenderal (Dirjen) Kebudayaan, beserta tiga pejabat eselon satu lainnya di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Senin (16/12).

Ia mengatakan bahwa untuk menanamkan kecintaan generasi muda terhadap kebudayaan Indonesia, Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid beserta jajarannya, dapat meningkatkan program kebudayaan bagi para pemuda atau milenial.

Hal tersebut disampaikan Mendikbud saat melantik kembali Hilmar Farid sebagai Direktur Jenderal Kebudayaan (Dirjenbud), beserta tiga pejabat eselon satu lainnya di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), di kantor Kemendikbud, Jakarta, Senin (16/12).

“Mohon pak Dirjen dapat perbanyak program atau kegiatan kebudayaan yang menyentuh generasi milenial,” pesan Menteri Nadiem.

Baca juga:
Mendikbud Minta Pejabat Buat Terobosan
Mendikbud Harapkan PKN Jadi Awal Kebangkitan Kebudayaan
Maestro Seni Tradisi Dapatkan Anugerah Kebudayaan 2019

Melalui program khusus milenial ini, Menteri Nadiem berharap dapat menumbuhkan kecintaan para pemuda kepada budaya bangsa sendiri, dan bisa menandingi besarnya arus budaya dari luar, agar budaya kita tidak asing di mata negeri sendiri.

Pelantikan Pejabat Tinggi Madya di lingkungan Kemendikbud oleh Mendikbud Nadiem Anwar Makarim di Grha Utama, Kantor Kemendikbud, Jakarta, Senin (16/12).

Akan Perbanyak Kolaborasi
Hilmar usai pelantikan mengatakan akan melakukan kolaborasi program untuk lebih menjangkau para milenial di bidang kebudayaan.

“Jadi, saya rasa ini tugasnya untuk membawa ke level yang baru, yaitu fokus khusus pada kalangan milenial,” ujarnya.

Ia menyatakan akan memperbanyak kolaborasi antarsatuan kerja terkait di lingkungan Kemendikbud.

“Ada beberapa kolaborasi program yang akan kita lakukan. Ada program-program yang akan kita jahit seperti Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) yang fokus ke pendidikan karakter, itu nilai-nilai kebudayaannya dari kita,” terangnya.

Baca juga:
Pekan Kebudayaan Nasional 2019 Angkat Tema “Indonesia Bahagia”
Anggota Bakohumas Agar Turut Sosialisasikan Pekan Kebudayaan
Pendekatan Baru Pemajuan Kebudayaan

Kolaborasi berikutnya, lanjut Hilmar, akan dilakukan dengan media yang menyentuh milenial seperti media film.

“Kita juga bekerja sama nantinya dengan media film,” ujarnya.

Mengakhiri wawancara, Hilmar menyampaikan bahwa dirinya akan melakukan penyesuaian program, reorganisasi di sisi anggaran dan sumber daya manusia.

“Program akan banyak yang disesuaikan, selain itu kita juga akan melakukan reorganisasi, sumber daya manusianya, anggarannya pasti akan banyak disesuaikan dengan yang diarahkan menteri tadi,” ujarnya.

Mendikbud melantik Hilmar Farid bersama tiga pimpinan tinggi madya di lingkungan Kemendikbud, yaitu Ainun Naim sebagai Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Muchlis Rantoni Luddin sebagai Inspektur Jenderal (Irjen) Kemendikbud, dan Chatarina Muliana Girsang sebagai Staf Ahli Bidang Regulasi Pendidikan dan Kebudayaan Kemendikbud. (whm/sp)