Ke Raja Ampat Jangan Lupa ke Desa Arborek

Ke Raja Ampat Jangan Lupa ke Desa Arborek

Kerajinan topi yang dibuat oleh mama-mama di Desa Wisata Arborek. (Dok.reyginawisataindonesia.blogspot.com)

 

SHNet, Jakarta– Raja Ampat, Papua Barat memang merupakan salah satu surga bagi para penyelam. Pesona bawah lautnya begitu menggoda setiap orang untuk lagi dan lagi menikmatinya.

Namun, bila wisatawan berkunjung ke Raja Ampat, jangan lupa mampir ke Desa Wisata Arborek. Desa ini memiliki potensi yang luar biasa, mulai dari keindahan alamnya, kejernihan lautnya, serta keunikan masyarakatnya.

Dengan pantainya yang landai yang dibalut dengan hamparan pasir putih bersih dan halus terasa sangat lembut di kaki. Lambaian pohon kelapa yang tertiup angin akan membuat wisatawan tergoda mengunjunginya. Apalagi di perairan desa ini terdapat spot bagus untuk melihat manta dan wisatawan juga bisa melihat kerajinan topi dan noken yang dibuat oleh para mama di sana.

Orang-orang Arborek sangat ramah dan rajin menciptakan kerajinan tangan yang luar biasa dari daun pandan laut untuk memanfaatkan waktu mereka setiap hari.

Masyarakatnya dikenal dengan kerajinan tangan dalam membuat topi dan noken. Tidak seperti kebanyakan perempuan di desa lain, hampir semua ibu (mama) di desa ini membuat kerajinan untuk mencari nafkah.

Walaupun mereka yakin dengan menangkap lobster dan bekerja di agro mutiara jauh lebih menguntungkan, namun mereka merasa bahwa kerajinan tangan lebih berbeda dan lebih anggun bagi wanita.

Di Desa Wisata Arborek, wisatawan dapat memilih beberapa homestay yang tersedia. Menemukan keindahan bawah laut tidaklah begitu sulit disini. Di samping di dermaga Arborek, para penyelam bisa langsung terjun ke air dan langsung menemukan iluminasi yang paling menarik dari berkilauan penggemar gorgonian tepat di bawah permukaan.

Pulau Arborek merupakan salah satu spot diving terbaik di Raja Ampat untuk bertemu dengan Ikan Pari. Untuk dapat melihatnya, Sobat Pesona harus menyelam pada kedalaman sekitar 20 meter dan sudah harus mempunyai teknik menyelam yang baik.

Desa wisata yang tidak terlalu luas ini tidak memerlukan banyak waktu dan tenaga untuk mengelilingi desa. Sementara untuk snorkeling, Sobat Pesona tidak perlu melakukan perjalan jauh hingga ke tengah laut. Sobat Pesona dapat menemukan dunia bawah laut dengan panorama nan cantik dan menakjubkan hanya di dekat dermaga Arborek.

Orang-orang Arborek sangat ramah dan rajin menciptakan kerajinan tangan yang luar biasa dari daun pandan laut untuk memanfaatkan waktu mereka setiap hari. Arborek sangatlah menarik untuk dijelajahi baik di bawah lautnya maupun di desanya. (Stevani Elisabeth)