EOWA 2020 Inspirasi Perempuan Indonesia untuk Berprestasi

EOWA 2020 Inspirasi Perempuan Indonesia untuk Berprestasi

President of Entrepreneurs Organization Indonesia East Caroline Gondokusumo (kedua dari kiri) dan Dirjen Industri Kecil, Menengah dan Aneka Gati Wibawaningsih usai jumpa pers EOWA 2020, di Jakarta, Rabu (4/12). (SHNet/stevani elisabeth)

 

SHNet, Jakarta- Entrepreneurs Organization (EO) menyelenggarakan Entrepreneurs Organization Womenpreneur Award (EOWA) 2020 yang diikuti oleh para entrepreneur wanita khususnya dari wilayah Indonesia Timur.

Pendaftaran peserta dimulai pada 30 Desember 2019 di www.eowomenpreneur.com dan pengumuman pemenang pada Maret 2020.

Presiden of Entrepreneur Organization Indonesia East Carolin Gondokusumo menjelaskan EO merupakan komunitas pengusaha yang ada di 147 negara dengan anggota 14.000 orang. Di Indonesia, 16% anggota EO adalah wanita.

Menurutnya, program EOWA 2020 diadakan untuk memberikan penghargaan kepada para wirausaha perempuan atas prestasi dan pencapaian mereka selama ini. “Diharapkan EOWA 2020 dapat menginspirasi perempuan Indonesia lainnya untuk terus berprestasi di bidangnya masing-masing, terutama dalam bidang wiraswasta dalam pembangunan Indonesia.

EOWA memberikan ilmu baru dari pakarnya, berbagi pengalaman dari para pelaku bisnis ternama, dan membuka jaringan global. Tujuannya agar para wanita pengusaha mendapat perspektif yang dibutuhkan untuk membawa perusahaannya lebih berkembang lagi.

“Program ini dapat mengidentifikasi dan memberikan banyak kesempatan bagi wirausahawan perempuan berpotensi tinggi untuk belajar dari ahlinya, rekan sejawat, pelatih atau pembimbing tentang masalah pribadi, bisnis atau keluarga tentang kehidupan wirausaha.

Dirjen Industri Kecil, menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih mengatakan Kementerian Perindustrian mengapresiasi program EOWA 2020. Ia menjelaskan, Industri Kecil Menengah (IKM) di Indoesia ada 4,45 juta dan hampr 50% bergerak di bidang makanan dan minuman.

Pengelola usaha makanan dan minuman 90% adalah perempuan. “Kami didik para pengelola IKM supaya smart dan melek online. Pesertanya paling banyak perempuan. Kami juga punya program khusus untuk mama-mama di Papua. Kita ingin mengangkat masyarakat Papua untuk maju. Ini program inti dari Bapak Presiden,” papar Gati.

Caoline menambahkan, penghargaan kali ini difokuskan pada kawasan Timur Indonesia untuk mendukung program pemerintah dalam membangun dan memberikan kepada Indonesia Timur.

Sementara itu Wakil Ketua Komite Tetap KADIN Indonesia bidang Industi Kreatif Kevin Wu mengatakan, EO telah memberikan dampak yang luas termasuk di bidang ekonomi kreatif

Ia berharap, lewat program EOWA dapat membentuk komunitas pengusaha wanita untuk saling belajar dan mendukung guna berkembang lebih jauh hingga ke pasar global. (Stevani Elisabeth)