Stres Akibat Pekerjaan,Hubungan Asmara Tidak Harmonis

Stres Akibat Pekerjaan,Hubungan Asmara Tidak Harmonis

SHNet, Jakarta – Akan selalu ada seribu satu alasan yang bisa membuat Anda stres akibat pekerjaan. Mulai dari deadline yang menumpuk dalam satu waktu, dimarahi atasan, hingga konflik dengan rekan kerja. Kondisi stres ini ternyata dapat berakibat negatif pada aspek lain dalam kehidupan Anda, salah satunya hubungan asmara. Kira-kira, apa saja dampak buruk stres akibat pekerjaan pada hubungan asmara?

Dampak buruk stres akibat pekerjaan pada hubungan asmara
Stres akibat pekerjaan adalah kondisi yang sangat umum terjadi, bahkan mungkin hampir setiap pekerja pernah mengalaminya.

Lalu, apa dampak langsung yang dapat dirasakan dari stres pada hubungan asmara Anda?

Apabila Anda tidak dapat mengatasi stres dengan tepat, hal ini berpotensi memicu siklus stres yang tidak sehat dengan pasangan. Dengan kata lain, emosi negatif yang Anda alami dapat “menular” ke pasangan.

Pasangan yang terjebak dalam kondisi ini justru malah akan meributkan hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan penyebab utama stres, sehingga akan memperkeruh suasana.

Contoh kecilnya, saat Anda sedang berduaan dengan pasangan, Anda memilih diam karena kelelahan dan stres akibat ditegur atasan di kantor.

Pasangan Anda menyadari perubahan sikap Anda yang mendadak lebih diam dari biasanya, kemudian ia akan merasa Anda menyembunyikan sesuatu, atau bahkan menyangka Anda berselingkuh.

Di sinilah emosi negatif yang Anda rasakan “tertular” ke pasangan, dan konflik berpotensi terjadi.

Stres menyebabkan renggangnya hubungan
Dampak buruk lain dari stres akibat pekerjaan pada hubungan asmara Anda adalah terciptanya jarak antara Anda dan pasangan.

Ketika Anda merasa stres, Anda cenderung menarik diri dan kurang perhatian dengan orang-orang di sekitar Anda, termasuk pasangan.

Selain menarik diri, stres juga menyebabkan Anda lebih sensitif dan mudah marah terhadap pasangan, sehingga pertengkaran mudah terjadi.

Seiring dengan berjalannya waktu, kondisi ini dapat mengakibatkan hubungan terasa hambar, semakin banyak konflik yang muncul, serta apabila stres tidak segera diatasi.

Terbuka tentang stres yang dialami juga dapat berakibat buruk
Menurut Alexandra Katehakis, PhD., pendiri dan direktur klinis dari Center for Healthy Sex di Los Angeles, terlalu sering bercerita hal-hal detail justru berisiko membuat Anda melampiaskan stres ke pasangan. Dengan kata lain, pasangan cenderung merasa “diserang”.

Dampak buruk lainnya dari menceritakan stres akibat pekerjaan pada hubungan asmara Anda dapat semakin parah jika akhirnya pasangan tidak memberikan respon yang Anda harapkan.

Misalnya, mengkritik Anda atau justru malah membandingkan cerita Anda dengan ceritanya sendiri di kantor.

Katehakis menyarankan Anda cukup mengungkapkan apa yang Anda rasakan, tanpa perlu menambahkan keluhan-keluhan yang tidak perlu pasangan tahu. Misalnya seperti “Aku capek karena hari ini banyak kerjaan di kantor.”

Tapi, tak selamanya stres akibat pekerjaan dapat berdampak buruk
Mengalami stres akibat pekerjaan yang terlalu berat dan menekan tak selamanya berakibat buruk pada hubungan asmara Anda, lho. Kunci utamanya adalah mengubah sudut pandang Anda. (maya)

Anda bisa belajar melihat stres sebagai tantangan yang harus Anda hadapi, atau sarana untuk mengembangkan diri sendiri ke arah yang lebih baik.