Kemensos Optimis Penyaluran BPNT Berjalan Lancar

Kemensos Optimis Penyaluran BPNT Berjalan Lancar

Kementerian Sosial (Kemensos) optimis penyaluran BPNT berjalan lancar. (Ist)

 

SHNet, Jakarta– Kementerian Sosial (Kemensos) optimis penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Indonesia berjalan lancar. BPNT juga dapat disalurkan ke daerah-daerah yang belum terakses internet.

Dirjen Penanganan Fakir Miskin (PFM) Andi Z A Dulung mengatakan, Kemensos optimistis seluruh wilayah akan melaksanakan BPNT. Sejumlah program disiapkan untuk mengatasi kendala di wilayah terpencil yang sulit mengakses internet.

“Daerah yang masih blank spot juga sedang dipersiapkan apakah dengan teknologi atau dengan metode agar masyarakat bisa menerima bantuan tanpa ketergantungan pada internet,” ujarnya.

Dalam pelaksanaan BPNT, sesuai surat edaran Mensos, akan memaksimalkan penggunaan bahan pangan dari Bulog yang disalurkan melalui e-Warong. Selain itu,pihaknya juga akan melakukan perbaikan penyaluran bahan makanan dan ini nantinya akan dibuat aturan yang sama di seluruh Indonesia. Semua pendamping dilarang menjadi pemasok untuk menghindari konflik antar pendamping.

Bulog diharapkan tidak hanya menyediakan 1,5 juta ton beras per tahun untuk bansos, tetapi juga bisa 5 juta ton per tahun.

“Apalagi indeks tahun depan dinaikkan menjadi Rp150 ribu. Tahun ini masih Rp110 ribu,” kata Andi.

Selama ini Kemensos bisa bekerja sama dengan baik sehingga diharapkan dapat mengurangi angka kemiskinan di Indonesia.

Andi ZA Dulung menyampaikan, BPNT akan dilakukan bertahap. BPNT telah dilakukan sejak tahun lalu, sesuai Peraturan Presiden Nomor 63 Tahun 2017 tentang Penyaluran Bantuan Sosial secara Nontunai. (Stevani Elisabeth)