Kabupaten Anambas Gandeng Shopee Pasarkan Produk Lokal

Kabupaten Anambas Gandeng Shopee Pasarkan Produk Lokal

MoU PT Shopee Indonesia dengan Kabupaten Anambas, di Jakarta, Senin (18/11). (SHNet/stevani elisabeth)

 

SHNet, Jakarta- Pemerintah Kabupaten Anambas menggandeng PT Shopee Indonesia untuk memasarkan hasil produksi dari UMKM yang ada di Kepulauan Anambas.

Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris menjelaskan, Kabupaten Anambas memiliki 255 pulau. Dari jumlah tersebut, ada 26 pulau yang berpenghuni dan 5 pulau yang berada di daerah perbatasan.

Kabupaten Anambas 98% wilayahnya adalah laut sehingga banyak hasil laut yang diolah oleh UMKM seperti kerupuk Atom. Sementara hasil dari darat berupa pisang yang diolah jadi keripik.

“UMKM-UMKM di Anambas menghadapi masalah dalam memasarkan hasil-hasil produksinya. Kerjasama dengan Shopee ini diharapkan produk-produk UMKM di Anambas bisa dipasarkan ke luar dan percepatan pertumbuhan ekonomi di Anambas dapat tercapai,” ujarnya saat penandatanganan MoU antara Pemerintah Kabupaten Anambas dengan PT Shopee Indonesia, di Hotel Acacia Jakarta, Senin (18/11) sore.

Head of Public Policy & Goverment Relation Shopee Indonesia Radityo Triatmojo menjelaskan, Shopee akan membantu UMKM-UMKM di Kepulauan Anambas kembangkan produk-produk lokalnya seperti kerupuk atom, lempok durian dan keripik pisang.

Ia menambahkan, bukan hanya membantu pemasarannya saja, Shopee juga akan membantu para pengelola UMKM ini membuat cerita di balik produksi tersebut. Misalnya kerupuk atom, ada cerita mulai dari nelayan yang mencari ikan, memproduksi ikan menjadi kerupuk atom hingga pemasarannya.

“Jadi ada story-nya di balik produk lokal tersebut,” kata Radityo. Menurutnya, hingga saat ini ada 77 kota dan kabupaten di Indonesia yang sudah bekerjasama dengan Shopee.

Sementara itu Dr Agnes Wirdayanti SIP,M.Si selaku Kasi Kerja Sama dan Penyelesaian Perselisihan antar-Daerah, Kemendagri mengatakan, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengapresiasi kerjasama yang dilakukan PT Shopee Indonesia dengan Pemerintah Kabupaten Anambas..

Menurutnya, PP Nomor 28 Tahun 2018 perihal kerjasama daerah di dalamnya disebutkan kerja sama daerah dapat dilakukan antar daerah, daerah dengan pihak ketiga dan daerah dengan lembaga atau pemerintahan di luar negeri sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan.

“Kami harapkan kerjasama antara Shopee dengan kabupaten Anambas bisa menciptakan literasi digital untuk membangun Indonesia dari pinggiran,” ujarnya. (Stevani Elisabeth)