BPNT Bantuan Pangan Yang Disalurkan Secara Non Tunai Dari Pemerintah

BPNT Bantuan Pangan Yang Disalurkan Secara Non Tunai Dari Pemerintah

SHNet, Jakarta – Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) merupakan bantuan sosial pangan yang disalurkan secara nontunai dari Pemerintah, kepada keluarga penerima manfaat (KPM) yang setiap bulannya melalui mekanisme uang elektronik yang digunakan hanya untuk membeli bahan pangan berupa beras dan telur di pedagang bahan pangan yang telah bekerjasama dengan Bank Penyalur.

Diketahui sebagai tujuan BPNT ini adalah dengan mengurangi beban pengeluaran KPM, melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan serta memberikan gizi yang lebih seimbang kepada KPM.

Serta meningkatkan ketepatan sasaran, waktu, jumlah harga dan kualitas serta administrasi. Tidak itu saja, namun juga memberikan pilihan dan kendali kepada KPM dalam memenuhi kebutuhan pangan.

Dalam hal ini harus diketahui siapa yang berhak menerima BPNT yaitu penerima manfaat BPNT adalah keluarga yang selanjutnya disebut keluarga penerima manfaat BPNT. Sumber data KPM BPNT adalah data terpadu kesejahteraan sosial.

Harus diketahui bagaimana proses registrasi peserta BPNT, yaitu proses pendaftaran peserta dilakukan secara bersama oleh tim koordinasi bansos pangan kabupaten atau kota dan petugas dari Bank Penyalur untuk masing-masing desa di kantor desa atau kantor kelurahan.

Pun diketahui proses pendaftaran peserta adalah proses untuk KPM penerima pemberitahuan atau undangan datang membawa dokumen pendukung registrasi. Serta petugas Bank Penyalur selanjutmya mencocokkan kesesuaian data KPM. Dan jiga ada data KMP sesuai, maka KKS serahkan dan diaktifkan oleh petugas Bank.

Diketahui manfaat mekanisme penyaluran dana BPNT yaitu Bank penyalur melakukan pemindah bukuan dana bantuan sosial dari rekening Kementerian Sosial di Bank Penyalur ke rekening KPM. Proses pemindah bukuan tersebut dilakukan paling lama 30 hari setiap bulan sejak dana ditransfer dari kas negara ke rekening Kementerian Sosial di Bank Penyalur.

Dalam hal ini masyarakat harus tahu mekanisme pengaduan tentang program BPNT diantaranya adalah masyarakat dapat melaksanakan program pengaduan melalui sistem pengelolaan pengaduan program BPNT. Berbagai jalur pengaduan yang dapat digunakan antara lain telepon, SMS serta aplikasi berbasis web atau melaporkan langsung melalui tatap muka kepada Unit Pengaduan di Pemerintah Daerah.

Yang harus harus diketahui oleh masyarakat mengenai informasi tentang BPNT itu adalah,masyarakat dapat memperoleh informasi tentanh program BPNT melalui kontak informasi daerah setempat. Informasi mengenai kepesertaan program BPNT dapat dikonfirmasikan kepada petugas pengurus RT/RW atau perangkat desa di wilayah KPM. (maya)