27.830 Wisnus Kunjungi Festival Kerinci 2019

27.830 Wisnus Kunjungi Festival Kerinci 2019

Penutupan Festival Kerinci 2019, Kamis (7/11). (SHNet/stevani elisabeth)

SHNet, Kerinci– Sebanyak 27.830 wisatawan nusantara (Wisnus) yang datang ke Festival Kerinci 2019 dari 3-7 November 2019.

“Ada 27.830 wisnus yang datang ke Festival Kerinci 2019 dimulai dari pembukaan hingga penutupan,” ujar Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kerinci Ardinal saat penutupan Festival Kerinci 2019, Kamis (7/11).

Ia mengatakan, Festival Kerinci telah masuk dalam 100 Calendar of Event Pariwisata Nasional. Tujuannya, untuk mempromosikan pariwisata, budaya dan kuliner Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.

Selain itu, memberikan peluang bagi para investor untuk mengembangkan uasaha pariwisata di Kabupaten Kerinci.

Ada beberapa hal yang baru dari Festival Kerinci 2019. Salah satunya adalah pemecahan rekor Muri Petik Teh yang diikuti oleh 3.805 masyarakat Kerinci. Jumlah pemetik teh tersebut melambangkan tinggi Gunung Keinci yang merupakan salah satu ikon pariwisata Provinsi Jambi.

Sekretaris Deputi Pengembangan Destinasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Edy Wardoyo di penutupan Festival Kerinci 2019, Kamis (7/11). (Ist)

Bupati Kerinci Adirozal mengatakan, Festival Kerinci akan dilaksanakan setiap tahun. Pertumbuhan wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Kerinci meningkat setiap tahun. “ Pertumbuhannya rata-rata hampir 50 persen tiap tahun. Kami belum merasa puas. Kami tetap memerlukan bimbingan dari pusat yang pada akhirnya roda perekonomian terus tumbuh, adat dan budaya kita jaga,” kata Adirozal.

Sementara itu Gubernur Jambi Fachrori Umar mengatakan, untuk menarik minat wisatawan, baik pemerintah, pelaku usaha pariwisata dan masyarakat harus jujur, ramah dan menjaga sopan santun.seta memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan.

“Sebagus apapun obyek wisata dan event kalau tidak didukung rasa aman dan nyaman, tidak ada gunanya,” ujarnya.

Sekretaris Deputi Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Edy Wardoyo.mengatakan, Kabupaten Kerinci memiliki destinasi wisata yang luar biasa.

Ia mengapresiasi komitmen yang tinggi dari Gubernur Jambi dan Bupati Kerinci untuk pengembangan pariwisata ke depan. “Pariwisata tidak lepas dari dukungan kepala daerahnya,” ujar Edy.

Ia menambahkan, Menparekraf Wishnutama ingin meningkatkan mutu dari event-event pariwisata agar lebih baik. “Festival Kerinci tahun depan dapat sentuhan dari beliau yang sukses menjadi kreator pada Asian Games tahun lalu,” ungkapnya. (Stevani Elisabeth)