Kemendes PDTT Dorong Pembangunan Prukades

Kemendes PDTT Dorong Pembangunan Prukades

SHNet, Jakarta – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mendorong pergerakan ekonomi pedesaan dengan mengupayakan empat program unggulan yang terbukti menghasilkan banyak pencapaian.

Empat program unggulan itu yakni Prukades, yang merupakan singkatan dari Produk Unggulan Desa,  kedua membentuk embung air desa, ketiga membuat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan keempat, pembangunan sarana olahraga desa.

Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo  di Jakarta, Selasa, menjelaskan program Prukades pada dasarnya adalah membuat klaster-klaster ekonomi di desa supaya desa tersebut dapat fokus dan mempunyai skala produksi yang ekonomis.

Sementara dengan terbangunnya embung air, Kemendes PDTT berharap masyarakat desa dapat terus menanam sepanjang tahun meski menghadapi musim kemarau sehingga pada akhirnya pendapatan mereka bisa naik dua kali lipat.

Selanjutnya adalah program pembangunan usaha milik desa (BUMDes). Kemendes PDTT berharap dengan adanya Bumdes, desa dapat membangun sendiri setelah adanya bantuan dari dana desa.

Ia berharap dana desa ke depan tidak lagi menjadi sumber pendanaan utama bagi masyarakat desa.

Eko mengatakan program unggulan berikutnya adalah program pembangunan sarana olahraga desa. Sarana olahraga desa tersebut penting untuk mengoptimalkan aktivitas fisik anak-anak muda sehingga tidak mengalihkan aktivitas mereka pada hal lain yang berdampak negatif bagi masa depan mereka.

“Sarana olahraga desa ini penting agar anak-anak muda punya aktivitas fisik supaya malemnya bisa capek, kemudian tidur. Supaya enggak narkoba, enggak melakukan kenakanal lain,” tuturnya. (Victor)