Kebakaran Hutan, Polda Riau Tidak Menahan Direktur PT SSS

Kebakaran Hutan, Polda Riau Tidak Menahan Direktur PT SSS

SHNet,  Jakarta – Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto mengatakan EDH, Dirut PT SSS tidak bisa ditahan polisi meski perusahaannya telah ditetapkan sebagai tersangka korporasi kasus kebakaran hutan dan lahan.

Sunarto menyebut dalam hal ini EDH sebagai perwakilan direksi PT SSS yang sebelumnya telah ditetapkan sebagai tersangka korporasi.

“Dirut tidak bisa ditahan karena dia mewakili perusahaan,” kata Kombes Sunarto saat dihubungi, Selasa.

Sebelumnya Polda Riau telah menetapkan status tersangka terhadap AOM selaku Manajer Operasional PT SSS.

AOM ditahan sejak Senin (7/10) karena dinilai sebagai orang yang bertanggung jawab terhadap kebakaran di konsesi korporasi tersebut.

PT SSS ditetapkan sebagai tersangka karhutla secara korporasi pada awal Agustus 2019. Penetapan tersangka dilakukan setelah Polda Riau melakukan penyelidikan sejak Februari tahun yang sama. Namun, selang dua bulan Polda Riau baru menetapkan pihak yang dinilai paling bertanggung jawab sebagai tersangka dari perusahaan tersebut.

Polisi menyebut luas lahan perusahaan yang terbakar itu mencapai 150 hektare. Polisi juga menyebut, hasil penyidikan terungkap jika lahan konsesi terbakar akibat kelalaian pihak perusahaan.

Sejumlah direksi perusahaan mulai dari Direktur Utama hingga pimpinan perusahaan lainnya turut dimintai keterangan. Selain itu, sejumlah saksi ahli juga telah dimintai keterangan dalam penyelidikan perkara itu. (Maya)