Desa Gunung Malang Bogor Penghasil Jagung Manis

Desa Gunung Malang Bogor Penghasil Jagung Manis

SHNet, Jakarta – Jagung merupakan salah satu tanaman pangan pokok yang dikonsumsi oleh sebagian besar penduduk selain beras. Salah satu jenis jagung yang banyak dikonsumsi adalah jagung manis.

Jagung manis banyak dikonsumsi karena memiliki rasa yang lebih manis dibandingkan dengan jagung biasa. Desa Gunung Malang merupakan salah satu daerah penghasil jagung manis terbesar di Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor.

Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini yaitu mengkaji keragaan usahatani dan penggunaan input produksi jagung manis di Desa Gunung Malang, menganalisis pendapatan usahatani dan rasio antara penerimaan dan biaya dari usahatani jagung manis di Desa Gunung Malang, dan menganalisis balas jasa terhadap faktor-faktor produksi pada usahatani jagung manis di Desa Gunung Malang.

Pendapatan atas biaya tunai per hektar per musim tanam untuk usahatani jagung manis yaitu Rp2 922 178.06, sedangkan pendapatan atas biaya total per hektar per musim tanam sebesar Rp93 546.51.

Berdasarkan nilai R/C atas biaya tunai dan biaya total, dapat disimpulkan bahwa usahatani jagung manis layak untuk diusahakan. Nilai R/C atas biaya tunai sebesar 1.41 sedangkan nilai R/C atas biaya total sebesar 1.01. (Maya)