150 Desa di Kaltim Masuk Proklim

150 Desa di Kaltim Masuk Proklim

SHNet, Jakarta –  Sebanyak 150 desa di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) yang masuk dalam Program Kampung Iklim (Proklim) segera kedatangan Tim FPIC (Free, Prior, and Informed Consent), terkait pelaksanaan program penurunan emisi Forest Carbon Partnership-Carbon Fund (FCPF-CF).

“Rencananya pekan ketiga bulan ini Tim FPIC keliling ke 150 desa yang sudah masuk Proklim, karena sekitar 100 anggota Tim FPIC sudah mengikuti pembekalan di Balikpapan pada 7-10 Oktober tahun ini,” ujar Ketua Dewan Daerah Perubahan Iklim (DDPI) Provinsi Kaltim Prof. Daddy Ruhiyat di Samarinda, Senin.

Seperti dikutip Antara, Tim FPIC Kaltim yang sudah diberi pembekalan sehingga sudah memiliki kesamaan pengetahuan dan metodologi dalam pelaksanaan FPIC di tingkat desa. Mereka siap menjalankan tugas dan fungsinya, termasuk menyampaikan hal-hal terkait teknis administratif dalam pelaksanaan FPIC tingkat desa.

Daddy kembali memastikan bahwa Tim FPIC telah memahami program penurunan emisi dari deforestasi dan degradasi hutan dalam skema FCPF-CF. Pengetahuan ini kemudian siap disampaikan kepada masyarakat desa.

Kegiatan FPIC akan dilaksanakan di desa sebanyak dua kali. Pertama adalah sosialisasi untuk memberikan informasi mengenai program yang dilakukan pada pekan ketiga bulan ini, dan yang kedua adalah pengambilan persetujuan dari desa.

“Target awal dari Tim FPIC adalah adanya persetujuan dari masyarakat desa untuk mendukung pelaksanaan program penurunan emisi yang akan dilaksanakan pada 2020-2024, sehingga masyarakat akan paham dan berpartisipasi dalam usaha penurunan emisi untuk mengurangi efek rumah kaca,” katanya. (Victor)