POMNAS Media Pendidikan Karakter Mahasiswa

POMNAS Media Pendidikan Karakter Mahasiswa

SHNet, Jakarta- Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) bukan hanya wadah untuk penyaluran bakat, tetapi media untuk pembentukan karakter.

“POMNAS merupakan media pendidikan karakter mahasiswa melalui olahraga” ujar Ketua Umum PB POMNAS XVI 201 Prof. Intan Ahmad pada pembukaan POMNAS XVI, di GOR Soemantri Brodjonegoro,Jakarta, Kamis (19/9).

Ia mengatakan, Indonesia adalah negara besar dan mahasiswanya mempunyai potensi yang sangat luar biiasa untuk berprestasi khususnya prestasi dibidang olahraga.

“Pomnas adalah suatu ajang bergengsi dibidang olahraga untuk meraih prestasi yang baik dengan sportivitas yang tinggi dan ada 19 cabang olahraga dan 4 cabang eksebisi yang dipertandingkan”ujar Prof. Intan yang juga menjabat sebagai Rektor Universitas Negeri Jakarta

POMNAS XVI berlangsung di Jakarta pada 19-26 September 2019 diikuti oleh 3.404 atlet mahasiswa dari 34 Provinsi.

“Dengan semangat sportivitas untuk berprestasi diharapkan dapat memupuk dan menyemangati dalam meraih prestasi olahraga ditingkat nasional,” kata Prof.Intan

Sementara itu, Dirjen Pembelajaran Dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti Prof. Ismunandar mengatakan, peran anak-anak bangsa yg pada gilirannya nantu menjadi tumpuan bangsa penting untuk diperhitungkan dalam pembangunan, termasuk berperan dalam bidang olahraga.

Ia mendorong atlet mahasiswa agar terus memacu semangat sportifitas dan membangun daya saing bangsa lewat olahraga.

Menurutnya, POMNAS tahun ini mengusung tema semangat, spotivitas dan berprestasi.

“Kita ingin wujudkan kehidupan bangsa yang didasari semangat sportivitas, toleransi dan berprestasi. Dengan tema semangat, sportif, dan berprestasi ini sejalan dengan upaya kita bersama untuk meningkatkan kualitas untuk hidup berbangsa dan bernegara,” kata Prof. Ismunandar

POMNAS XVI, para atlet akan bertanding di 19 cabang olahraga untuk memperebutkan 713 medali. Ada 19 venue atau lokasi pertandingan tersebar di seluruh Jakarta sudah disiapkan oleh panitia untuk menyambut para atlet kebanggan perguruan tinggi dan provinsi tersebut.

Selain itu, POMNAS XVI Jakarta 2019 kali ini akan mempertandingkan empat cabang olahraga eksebisi, yaitu angkat besi, bola tangan, cricket dan e-sport. (Stevani Elisabeth)