Pisang Byar Lereng Muria Terkenal Panjang dan Besar

Pisang Byar Lereng Muria Terkenal Panjang dan Besar

SHNet,  Jakarta – Pisang tanduk merupakan primadona oleh-oleh khas dari wilayah Gunung Muria Kudus Jawa Tengah. Keistimeaan pisang ini ialah bentuk buahnya yang besar panjang dan melengkung seperti tanduk oleh karena itu pisang ini disebut pisang tanduk.

Namun masyarakat di sekitar lereng Muria memiliki sebutan senderi untuk pisang besar dan manis ini, masyarakat menyebut dengan pisang “Byar” karena seluruh jantung pisang akan menjasi pisan, tidak seperti pisang lainnya yang menyisakan jantung pisang yang tidak menjadi pisang.

Panjang pisang byar dapat mencapai 35 cm. Pisang ini tidak seperti jenis lainnya, produksi buahnya sangat sedikit. Satu pohon hanya menghasilkan tiga sisir, rata-rata tiap sisirnya terdiri dari 10 buah. Berat per buah mencapai sekitar 300 g.

Kulit buah tebal berwarna kuning kemerahan berbintik cokelat. Daging buah berwarna merah kekuningan, rasanya manis sedikit asam, dan aromanya kuat.

Pisang ini dapat diolah menjadi berbagai macam olahan yang lezat dan menggoda selera, mulai dari yang sederhana pisang dapat dikukus atau digoreng.

Walaupun hanya dikukus atau direbus pisang ini tetap menggoda dan enak, pisang byar rebus dan goreng bertekstur kenyal dan apabila digigit akan keluar madu didalamnya.

Selain dikukus dan goreng pisang ini juga bisa dijadikan sale pisang, keripik pisang bahkan bisa untuk tepung pisang yang tentunya akan mendongkrak nilai ekonomis pisang ini. (maya)