Kayu Manis Mandailing Yang Terbaik di Dunia

Kayu Manis Mandailing Yang Terbaik di Dunia

SHNet,  Jakarta- Cinnamomum atau kayu manis adalah salah satu jenis rempah yang tertua dan sudah digunakan manusia sejak 5000 tahun yang lalu.

Kayu manis memiliki banyak khasiat, disamping menjadi bumbu dalam mengolah makanan, kayu manis sering kali menjadi salah satu bahan dalam obat-obatan. Indonesia adalah salah satu negara penghasil kayu manis kualitas terbaik di dunia.

Ada beberapa daerah seperti Jawa Tengah, Jambi dan daerah Mandailing di tanah perbatasan Sumatera Utara dan Sumatera Barat. Hampir tiap bulan dari tanah mandailing saja menghasil kayu manis dalam hitungan ton.

Seperti di daerah Mandailing Natal, dalam 1 hari petani kayu manis bisa memanen dan menguliti kayu manis sebanyak 15 batang. Seperti Etek Butet yang sudah menjadi petani kayu manis secara turun temurun. Ia menjadikan kayu manis sebagai mata pencaharian utama bagi keluarganya.

“Kayu manis ini, sudah menjadi penghasilan keluarga kami secara turun temurun. Alhamdulillah selama beberapa generasi di kampung kami ini selain kopi, dan karet, kayu manis yang harganya masih tetap bagus dan bisa jadi tompangan hidup kami,” tutur Etek Butet saat menguliti kayu manis di depan rumahnya.

Untuk 1 kilonya, kayu manis di jual 20.000 sampai 30.000 rupiah tergantung kualitasnya. Hasil dari Kayu manis di daerah Mandailing Natal ini rata-rata dipasarkan di beberapa negara lain selain di Indonesia, seperti Malaysia, Singapura, Arab, dan beberapa negara lainnya.  (maya)