Ingin Kirim Barang, Garuda Luncurkan Aplikasi Digital “tauberes”

Ingin Kirim Barang, Garuda Luncurkan Aplikasi Digital “tauberes”

SHNet, TANGERANG – Lini usaha layanan logistic kargo udara maskapai Garuda Indonesia meluncurkan aplikasi digital “tauberes”. Ini adalah aplikasi digital pertama di Indonesia yang menghubungkan layanan kargo udara dengan agen pengiriman barang kepada masyarakat (end customers).

Aplikasi ini diluncurkan di Jakarta, Rabu (11/9). Aplikasi “tauberes” adalah platform e-commerce yang menyediakan jasa pemesanan logistik, baik itu untuk kurir, air cargo gateway dan payment yang dikembangkan oleh PT Garuda Tauberes Indonesia (GTI).

Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha Garuda Indonesia, Mohammad Iqbal, mengatakan aplikasi “tauberes” menjadi bagian dari upaya berkelanjutan Garuda Indonesia Group dalam menyediakan inovasi layanan digital yang dapat menjawab kebutuhan pengguna jasa dalam memenuhi kebutuhan pengiriman barang secara cepat, tepat, dan efisien serta adaptif terhadap perkembangan teknologi Informasi.

“Perkembangan pesat industri e-commerce di Indonesia saat ini menjadikan sektor layanan logistik memiliki peran penting dalam menjembatani market e-commerce dengan masyarakat. Mengusung konsep smart logistic services, hadirnya aplikasi “tauberes” karya anak negeri ini kami harapkan dapat menjadi pilihan tersendiri bagi masyarakat yang membutuhkan layanan pengiriman barang secara online dengan basis layanan kargo udara yang terpercaya mulai dari akurasi waktu pengiriman, keamanan paket,  hingga tarif yang kompetitif,” katanya.

Direktur Utama PT Garuda Tauberes Indonesia (GTI), Albert Burhan, mengatakan “tauberes” merupakan aplikasi yang didesain sebagai one-stop logistic solution yang akan memiliki tiga fitur utama, yaitu Kirim Paket, Kargo Udara, dan Belanja Online.

“Dengan dilengkapi fitur tracking antar pulau yang terkoneksi dengan sistem layanan penerbangan (maskapai), platform “tauberes”  ini akan memudahkan para pengguna jasa untuk memonitor pergerakan paket kiriman secara real time. Berbeda dengan aplikasi lainnya, melalui aplikasi ini nantinya paket juga akan dapat dimonitor pada saat di airport dan di pesawat sehingga pengiriman barang akan dapat dimonitor secara keseluruhan,” jelas Albert.

Dengan aplikasi “tauberes”, para pengguna jasa dapat memilih penyedia jasa pengiriman barang yang telah bekerjasama dengan “tauberes”.  Saat ini  J&T Express, Lion Parcel, Aero Express, SAP dan Si Cepat telah menjadi partner, dengan pilihan metode pembayaran melalui LinkAja maupun pembayaran tunai.

Menurut Albert, pihaknya saat ini terus mengembangkan dan menyempurnakan aplikasi “tauberes” tersebut di waktu mendatang. “Saat ini kami tengah mengembangkan fitur “market place” sebagai salah satu pilar utama pada aplikasi “tauberes” ini. Ke depannya aplikasi ini tidak hanya akan dapat menghubungkan penggemar kuliner nusantara dengan penyedia makanan favorit di berbagai daerah dengan jaminan pengiriman makanan maksimal dalam 8 jam, namun juga akan menghubungkan langsung nelayan dengan pasar domestik dan ekspor serta menunjang jaringan distribusi sektor UMKM nasional,” katanya.

Ia juga berharap, pada tahapan pengembangan selanjutnya, aplikasi ini tidak hanya akan memberikan kemudahan untuk berbelanja produk e-commerce. Tetapi juga  menjadi solusi “one stop shopping” bagi pengguna jasa melalui fitur“market place”, dengan perangkat sistem smart logistic yang menghadirkan berbagai pilihan layanan  jasa logistik yang dapat mempermudah pengguna jasa untuk memonitor proses pengiriman barang melalui smartphone dan perangkat tablet kapan saja dan dimana saja.

Aplikasi “tauberes” telah tersedia di seluruh platform mobile device, dapat digunakan baik IOS maupun android.  (inno jemabut)