Dramatari “Shima, Sang Ratu Adil” Bakal Digelar September 2020

Dramatari “Shima, Sang Ratu Adil” Bakal Digelar September 2020

Chiva Production akan menggelar dramatari "Shima, Sang Ratu Adil", di Candi Gedongsongo, Semarang pada 1-3 September 2020. (SHNet/stevani elisabeth)

 

SHNet, Jakarta-Sukses menggelar dramatari “SHIMA Kembalinya Sang Legenda” pada 2014 dan “Ratu SHIMA” pada 2017, Chiva Production kembali akan menggelar “SHIMA, Sang Ratu Adil” di Candi Gedongsongo, Bandungan Semarang, Jawa Tengah, 1-3 September 2020.

Pendiri Chiva Production Putut Budi Santosa menjelaskan, Ratu Shima dari Kerajaan Kalingga merupakan seorang pemimpin yang jujur, bijaksana, adil, tegas, berani dan mencintai keluarga.

Menurutnya, referensi yang menceritakan tentang Ratu Shima memang tidak banyak. “Waktu saya masih duduk di bangku SD, buku sejarah kala itu sempat menceritakan sedikit tentang Ratu Shima. Tapi dari dramatari ini yang ingin kami tonjolkan adalah karakter dari Ratu Shima yang jujur, adil dan bijaksana,” kata Putut, di Jakarta, Kamis (5/9).

Ia juga memperkuat referensinya dengan mencari dari beberapa literasi dari sejarah orang Jawa, catatan berita Cina, naskah Wangsakerta dan masih banyak lagi.

“Saya mengunjungi beberapa lokasi dan berinteraksi dengan masyarakat sekitar antara lain, kawasan Candi Dieng dan sekitarnya, Vandi Gedongsari, kawasan keling, Candi Borobudur dan sekitarnya, Candi Prambanan, Ratu Boko dan beberapa lokasi di Jawa Barat dan Bali,” ujar lulusan Seni Tari IKJ ini

Chiva Production juga menginterpretasi cerita Shima dalam bentuk pameran batik Kalingga yang di-interpretasi oleh seniman Lucky Wijayanti, perhiasan Kalingga oleh Manjusha Nusantara dan musik oleh Jokoporong.

Program Shima Kalingga 2019-2020 merupakan puncak program (sekuel terakhir dari trilogi Shima Kalingga), dimana semua hasil riset baik materil maupun inmateril akan diajarkan dan diserahkan pada komunitas seni budaya di sekitar Candi Gedongsongo.

Ke depan, lanjut Putut, pihaknya akan menghadirkan Shima dalam film.. Selain itu, mempersiapkan Shima Kalingga dalam bentuk anime, games, komik, novel dan merchandise. (Stevani Elisabeth)