Desa Niki-Niki Penghasil Alpukat

Desa Niki-Niki Penghasil Alpukat

SHNet, Jakarta –  Lokasi desa Niki-Niki di daerag dataran tinggi, dan membuat desa ini sangat dikenal dengan hasil buahnya yaitu buah alpukat.

Pun diketahui Desa Niki-Niki  merupakan sebuah desa yang berada di Kecamatan Amanuban Tengah, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur.

Di sepanjang jalan, Anda akan dengan mudah menemukan penjaja buah alpukat. Harganya pun sangat murah.

Untuk ‘seember’ alpukat yang terdiri dari 6-8 buah berukuran besar hanya dibanderol Rp20 ribu. Jika Anda membeli tiga ’ember’ alpukat, maka harganya bisa lebih murah lagi, yakni hanya Rp50 ribu. Ember yang dimaksud penjaja lebih mirip baskom berukuran sedang.

Alpukat asal desa Niki-Niki memang terkenal dengan ukurannya yang jumbo, dan rasanya yang enak. Iklim yang sejuk di daerah ini menjadi alasan mengapa alpukat mudah sekali ditanam dan panen dengan kualitas baik.

“Ini barang datang dari hasil panen kita sendiri. Kalau musim memang barangnya melimpah,” tutur Fritz, salah satu penjaja alpukat yang ditemui Suara.com, Rabu (4/5/2017).

Fritz mengatakan, dirinya tak rugi menjual alpukat dengan harga murah karena hampir butuh modal banyak untuk menanam alpukat. Begitu melimpahnya hasil panen alpukat, buah ini juga dijadikan pangan ternak babi oleh warga sekitar.

Daging alpukat asal Niki-Niki memang begitu lembut dan manis meski tanpa tambahan gula. Warnanya kuning merona dan memiliki bau yang sedap.

Fritz mengungkapkan, banyak pelancong di Nusa Tenggara Timur yang sengaja mampir ke desa Niki-Niki untuk membeli alpukat sebagai oleh-oleh. Jadi, jika Anda mengunjungi desa Niki-Niki di Nusa Tenggara Timur, alpukat bisa jadi pilihan buah tangan untuk keluarga di rumah. (Maya)