Desa Laweyan Penghasil Batik dari Solo

Desa Laweyan Penghasil Batik dari Solo

SHNet, Jakarta – Di pinggiran kota Solo terdapat sentra pembuatan kain batik khas Solo yang selalu ramai dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Kampung ini diberi nama Kampoeng Batik Laweyan Solo, sebuah desa yang telah dikenal sebagai penghasil batik terbaik sejak tahun 1970 silam.

Karena Solo adalah salah satu daerah penghasil kain batik yang indah hingga muncullah kalimat antar para pengunjung bahwa berwisata ke Kota Solo belum lengkap rasanya jika btidak mengunjungi Kampoeng Batik Laweyan Solo.

Berkunjung di Kampoeng Batik Laweyan Solo pengunjung akan mendapatkan berbagai wisata dalam satu tempat. Yaitu wisata belanja, wisata industri, wisata edukasi, wisata cagar budaya (Heritage), wisata sejarah hingga wisata kuliner.

Terletak di Jalan Doktor Radjiman No. 521, Laweyan, Solo, Jawa Tengah, kampung ini tidak hanya menawarkan aneka macam batik, terdapat berbagai macam destinasi wisata yang siap memanjakan wisatawan.

Wisata industri, wisata edukasi, wisata cagar budaya (Heritage), wisata sejarah hingga wisata kuliner dapat kamu temukan di lokasi ini.

Kampung Laweyan berasal dari kata baku lawe. Dalam Bahasa Jawa, lawe adalah nama lain dari serat kapas halus yang merupakan bahan baku pembuatan kain mori.

Penyebutan ini disinyalir sebagai awal dari pembentukan nama leweyan yang telah berhasil membuat aneka macam jenis batik berbahan dasar benang lawe.

Kampoeng Batik Laweyan Solo memiliki lahan seluas 24 hektar yang terbagi ke dalam 3 blok. Dengan area seluas itu, di tempat ini wisatawan akan menemukan ratusan pengrajin yang menjual berbagai motif kain batik seperti Tirto Tejo, Truntum dengan beragam variasi, harga serta kualitas kan.

Sesampainya di Laweyan, pengunjung akan disuguhi pemandangan sebuah kota lama dengan pemandangan arsitektur lama yang masih kokoh berdiri. Banyak rumah-rumah di Laweyan yang dibangun dengan sentuhan arsitekrut Eropa Klasik yang megah serta kokoh. Rumah-rumah tersebut merupakan kediaman para saudagar atau juragan batik pada jaman dahulu. Kekayaan mareka bahkan bisa melapaui para bangsawan kerajaan Solo. Hingga tidak heran para juragan batik ini bisa membangun rumah bak istanah mereka sendiri.

Lokasi Kampoeng Batik Leweyan solo

Menusuri lorong-lorong rumah penduduk di Kampoeng Laweyan, pengunjung akan merasakan aura masa lalu Laweyan yang masih terasa dan terjaga. Banyaknya para pengrajin serta jurangan batik membuat aroma harum malam atau lilin yang digunakan untuk membuat batik tercium jelas disetiap lorong yang pengunjung lalui.

Tidak hanya berbelanja kain batik, pengunjung dapat meliat secara langsung proses pembuatan batik tulis serta batik cap hingga batik dengan teknik printing dari berbagai industri batiknya langsung. Pengunjung yang tertarik untuk mencoba praktek membuat batik jangan khawatir karena Kampoeng Batik Laweyan Solo menyediakan berbagai paket kursus batik singkat secara personal maupun kelompok yang dapat ditempuh dala waktu sekitar 2 jam saja.

Peserta kursus akan belajar membuat batik dari membuat pola, membatik atau mencanting, dan mewarnai batik dengan teknik colet atau tolet. Dan hasil batik para peserta ini dapat langsung dibawa pulang sebagai kenang-kenangan berwisata dari Kampoeng Batik Laweyan Solo.

Kampoeng Batik Laweyan Solo juga menyediakan kursus batik intensif bagi para pengunjung yang ingin mendalami belajar teknik pembuatan batik tulis serta batik cap. Kursus intensif ini diselesaikan dala beberapa hari sampai beberapa minggu tergantung dengan kebutuhan para pengunjung.

Kursus batik ini bisa secara personal hingga secara kelompok yang tidak dibatasi jumlah peserta kursusnya. Untuk penginapanya, Kampoeng Batik Laweyan Solo terdapat berbagai penginapan dengan berbagai kelas. Dari homestay atau menginap di rumah penduduk hingga terdapat berbagai macam hotel di dekat Kampoeng Batik Laweyan Solo ini.

berbagai macam paket wisata edukasi hingga paket kursus membatik. Berikut ulasannya:

Paket Wisata Edukasi Kampoeng Batik Leweyan 1:

  • Berupa kegiatan keliling Kampoeng Batik Laweyan Solo untuk mengunjungi berbagai macam obyek wisata seperti tempat industri batik, gerai batik, Cagar Budaya Laweyan dan IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah)
  • Durasi kegiatan sekitar 1 sampai dengan 2 jam.

Paket Wisata Edukasi Kampoeng Batik Leweyan 2:

  • Terdiri dari kegiatan Presentasi dan Diskusi seputar Kampoeng Batik Laweyan Solo ditinjau dari sudut sejarah, industri batik, Cagar Budaya hingga pengembangan kepariwisataanya yang dilanjutkan dengan kunjungan lapangan ke berbagai obyek wisata seperti tempat proses pembuatan batik, gerai batik, tempat Cagar Budaya dan IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah)
  • Durasi kegiatan sekitar 2 sampai dengan 3 jam.

Paket Kursus Membatik Singkat di Kampoeng Batik Leweyan:

  • Peserta akan belajar membuat batik tulis dari proses nyorek atau menggambar pola, nyanting dan mewarnai dengan tekrik colet. Untuk proses akhir yaitu fiksasi dan nglorot dilakukan oleh Tim Pengajar.
  • Hasil karya membatik dibawa pulang oleh peserta kursus. Media membatik adalah sebuah akain katun dengan ukuran 30 x 30 cm.
  • Selain belajar membatik, para peserta juga diajak melihat proses pembuatan di beberapa industri batik di Laweyan
  • Waktu kursus sekitar 2 sampai dengan 3 jam.

Paket Kursus Membatik Intensif di Kampoeng Batik Leweyan:

  • Paket ini diperuntukan bagi pengunjung yang ingin menguasai teknik membuat batik tulis dan batik cap baik tingkat pemula sapai tingkat mahir.
  • Waktu pelatihan dari jam 8.30 sampai dengan 16.00 sore dan berlangsung selama minimal 5 hari.
  • Peserta akan mendapatkan materi pelatihan baik teori dan praktek dari Tim Pengajar yang sudah berpengalaman.
  • Pada akhir pelatihan, setiap peserta akan mendapatkan Sertifikat Kursus Batik yang dikeluarkan oleh FPKBL.

Setelah lelah mengelilingi serta berbelanja kain batik, Kampoeng Batik Laweyan Solo juga menyediakan wisata kuliner khas Solo yang begitu menggugah selera para pengunjung seperti kue Ledre, kue Apem. Kampoeng Batik Laweyan Solo juga menyediakan aneka menu prasmanan makanan khas Solo yang begitu lezatnya. (maya)