Dana Desa Percepat Pembangunan 160 Desa di Kupang

Dana Desa Percepat Pembangunan 160 Desa di Kupang

Dana desa digunakan untuk membangun jalan (Ist)

SHNet, Jakarta – Direktur Jenderal (Dirjen) Pengembangan Daerah Tertentu (PDTU), Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Aisyah Gamawati mengatakan dalam kurun lima tahun pemerintah pusat telah mengucurkan dana desa sebesar Rp553,97 miliar yang dialokasikan bagi 160 desa di Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur.

“Alokasi dana desa yang dikucurkan pemerintah pusat kepada desa-desa di Kabupaten Kupang sudah mencapai Rp553, 97 miliar. Alokasi dana yang diberikan sangat besar guna mempercepat pembangunan desa,” katanya dalam sambutannya pada acara pranata adat melalui festival budaya di Oelamasi, Kabupaten Kupang, Sabtu (14/9) malam.

Seperti diwartakan Antara, Dirjen Aisyah Gamawati hadir di Oelamasi, Kabupaten Kupang sekitar 38 Km arah timur Kota Kupang, bersama Direktur Penanganan Daerah Pasca Konflik, Hasrul Edyar.

Ia mengatakan, alokasi dana desa yang dikucurkan pemerintah pusat untuk 160 desa di kabupaten yang berbatasan dengan Oecusse, Timor Leste dalam lima tahun mencapai Rp553,97 miliar dengan serapannya mencapai 99,35 persen.

Dikatakannya, tujuan negara dibawa kepemimpinan Presiden Joko Widodo adalah bagaimana meningkatkan kesejahteraan rakyat khususnya bagi masyarakat desa.

Dia menambahkan, dalam lima tahun terakhir total dana desa yang sudah terserap sekitar Rp400 triliun yang pemanfaatannya untuk meningkatkan ekonomi dan derajat kehidupan warga.

“Sasarannya pada pembangunan jalan mencapai 191.000 kilometer, 8.000 pasar yang telah dibangun, juga embung, irigasi, PAUD yang dibangun dengan menggunakan dana desa,” tegas Aisyah Gamawati.

Menurutnya secara umum pengelolaan dana desa di Kabupaten Kupang mencapai 99,35 persen yang pemanfaatan dari dana desa berupa pembuatan jembatan, pasar, bumdes, tambatan perahu, pembangunan air bersih, Polindes, PAUD.(Victor)