565 Calon Kades di Batang Deklarasi Damai dan Anti-politik Uang

565 Calon Kades di Batang Deklarasi Damai dan Anti-politik Uang

Perwakilan calon kepala desa di Kabupaten Batang, Jateng, menandatangani berita acara deklarasi pilkades bermartabat dihadapan Forkominda.(Ist)

SHNet, Jakarta – Sebanyak 565 calon kepala desa (cakades) dari 205 desa di Kabupaten Batang, Jawa Tengah yang akan bersaing dalam pemilihan kepala desa (pilkades) serentak pada 29 September 2019, menandatangani deklarasi damai. Mereka juga menyatakan siap berkompetisi tanpa politik uang (money politic).

Deklarasi digelar di hadapan tokoh masyarakat dan organisasi masyarakat di Pendopo Kabupaten Batang, Kamis (19/9). Mereka membubuhkan tandatangan di depan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda),

Bupati Batang Wihaji mengatakan, pilkades tanpa money politic merupakan gerakan moral dan bentuk ikhtiar, yang tentunya harus mendapatkan dukungan dari semua elemen masyarakat.

“Pilkades aman, jujur, adil, bermartabat dan beradab tanpa money politic jangan hanya sekedar deklarasi, tapi benar – benar dilaksanakan yang nantinya (ke depan) bisa menjadi percontohan,” kata Wihaji.

Dikatakan, walaupun yang sudah menyatakan siap dan mendeklarasikan tanpa money politik hanya 29 desa, namun Bupati berharap, ke 176 desa lainnya bisa mengikuti tanpa dikotori pemilihan transaksional (dengan memberikan uang)

“Pemkab bersama Kodim 0736 Batang dan Polres Batang telah membentuk tim satgas praktik anti politik uang dan tim satgas botoh guna mengantisipasi dan mengamankan praktik money politik di 29 desa,” kata Wihaji.

Bupati juga menjanjikan kepada 29 desa yang benar – benar melaksanakan gerakan moral, yakni tidak menggunakan politik uang dalam pilkades, akan mendapatkan bantuan keuangan sebesar Rp 100 juta sampai dengan 200 juta per desa. (Victor)