Tiga Event Unggulan Sumbar Masuk 100 Wonder Event

Tiga Event Unggulan Sumbar Masuk 100 Wonder Event

Launching Calender of Event Sumatera Barat, di Jakarta, Rabu (14/8). (SHNet/stevani elisabeth)

SHNet, Jakarta- Sumatera Barat (Sumbar) memiliki 49 event sepanjang tahun 2019. Dari jumlah event tersebut, ada 3 event unggulan Sumbar yang masuk dalam 100 Wonder Event

Ketiga event unggulan Sumbar tersebut adalah Pasa harau Art and Cultural Festival, Tour de Singkarak (TdS) dan Festival Budaya Minangkabau.

“Sumatera Barat memiliki 49 event tahun ini. Dari 49 event tersebut, ada 3 event yang masuk 100 Calender of Event Nasional atau 100 Womder. Saya dukung Sumbar punya 52 event. Jadi setiap minggu ada event di sana,” ujar Menteri Pariwisata Arief yahya pada Launching Calender of Event Sumatera Barat 2019., di Jakarta, Rabu (14/8).

Menpar memberikan contoh Banyuwangi. Ia mengatakan, Banyuwangi merupakan kota festival terbaik nasional. Pendapatan per kapita di Banyuwangi nomor dua tertinggi di Jawa Timur.

“Daerah yang banyak event, pendapatan per kapitanya naik. Indeks kebahagiaannya juga naik, sebab event dapat membahagiakan masyarakat,” kata Menpar Arief.

Ia menambahkan, agar event unggulan daerah dapat masuk calender of event Nasional, maka event tersebut harus memenuhi tiga kriteria yakni komitmen dari pimpinan daerah atau CEO, memiliki culture value dan commersil value

Menurutnya, commersil value masih kurang di Indonesia. “Kalau mengadakan event, kebanyakan uang habis untuk event. Idealnya penggunaan uang 50% untuk event dan 50% untuk media. Pariwisata itu kita men-track orang untuk datang, bukan untuk dinikmati sendiri,” tutur Arief Yahya.

Gubernur Sumatera Barat H Irwan Prayitno mengatakan, tiga event unggulan Sumbar ini akan menjadi magnet dalam mendatangkan 58.447 wisatawan mancanegara (wisman) dan 8,4 juta wisatawan nusantara (wisnus).

Mengenai TdS, Irwan mengatakan, ada yang unik di tahun ini dimana event balap sepeda tersebut melibatkan 2 provinsi yakni Sumatera Barat dan Jambi. “ Ada 9 etape yang akan dilalui peserta Tds. Dari 9 etape tersebut, 7 etape di Sumbar dan 2 etape di Jambi,” ujarnya. (Stevani Elisabeth)