Nglanggeran yang Harus Dijejaki

Nglanggeran yang Harus Dijejaki

Gunung Api Purba Nganggeran. (Ist)

SHNet – Satu-satunya amarah Sang Pencipta yang akan diberikan kepada manusia adalah ketika manusia tersebut melanggar perintah-Nya. Berbagai cara akan dilakukan Sang Maha Kuasa untuk menghukum, dari tingkat ringan (di masa hidup) sampai tingkat berat (kehidupan setelah kematian).

Namun adakah cara untuk melanggar tapi tidak menimbulkan amarah dari Sang Pemaaf ? Jawabannya, tentu tidak ada. Namun, terdapat tempat wisata di Jogja yang jika nama lokasi tersebut di artikan ke dalam Bahasa Indonesia akan bernama melanggar. Tentu saja kata melanggar ini bersifat konotasi.

Yogyakarta, daerah istimewa dengan segudang keunikan yang masih lestari telah menyajikan berbagai keindahan alam yang asri. Kali ini, kami mengajak Anda untuk mengulas sedikit tempat wisata yang ada di desa Gunung Kidul, Yogyakarta.

Gunung Berapi Purba

Terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Gunung Kidul, Yogyakarta. Berdiri sebuah gunung api yang diberi nama Gunung Nglanggeran. Dengan tinggi hanya 700 mdpl. Gunung api purba ini menyajikan sebuah panorama alam khas pegunungan yaitu, keanekaragaman flora, bebatuan anglomerat, sunrise dan sunset. Tapi gunung mungil ini memiliki keunikan tersendiri yang mampu menarik minat para wisatawan lokal maupun mancanegara, apa saja itu?

Trekking Nglanggeran

Trekking atau berjalan kaki untuk mencapai puncak tertinggi dari sebuah gunung adalah hal yang wajib di lakukan para wisatawan, demi mencapai suatu kenikmatan yang mutlak. Tinggi gunung ini relatif pendek, dan anda hanya membutuhkan kurang lebih 2-3 jam berjalan kaki untuk sampai ke puncak. Tapi, jangan salah, gunung yang hanya memiliki ketinggian 700 mdpl ini menyajikan trek yang persis seperti gunung-gunung yang tinggi. Seperti jalanan berbatu yang dikelilingi tebing curam, jalan tanah berukuran setapak, hingga lorong-lorong yang siap untuk menghalangi Anda.

Desa Unik di Puncak Nglanggeran

Desa ini bisa dikatakan yang paling di dunia, berada di puncak timur Gunung Nglanggeran, terdapat sebuah desa yang hanya memiliki 7 kepala keluarga. Diceritakan bahwa 7 kepala keluarga tersebut adalah warisan leluhur yang dilaksanakan penerusnya secara turun temurun, sehingga jika ada salah satu anggota keluarga yang menghendaki untuk memiliki keluarga baru, diharuskan untuk pindah tempat. Dari jaman dahulu sampai saat ini jumlah kepala keluarga di desa tersebut hanya berjumlah 7.

Panjat Tebing di Nglanggeran

Salah satu yang khas dari area pegunungan adalah dengan tebing-tebingnya tinggi dan curam, di tempat wisata di Jogja ini anda bisa mencoba untuk memanjat beberapa area panjat tebing. Berbagai variasi tebing bisa anda temui di sini, dengan total mencapai 20 tebing atau bahkan lebih.

Outbond

Outbond sebuah arena permainan yang permainannya ditentukan sendiri oleh anda. Outbond dikenal sebagai sarana untuk membangun karakter dan menciptakan relasi yang kuat antara individu satu dengan lainnya. Banyak perusahaan-perusahaan di dunia yang mewajibkan untuk para karyawannya agar melakukan Outbond. Lapangan-lapangan lebar dengan keindahan alam hijau yang menakjubkan sudah bisa anda nikmati di tempat wisata jogja ini.

Area Wisata yang Asri dan Masih Alami

Keindahan kawasan wisata pegunungan atau pun wisata lain akan sangat menakjubkan jika masih alami dan tidak ada campur tangan manusia di dalamnya. Namun manusia pun berhak untuk “mencampuri” alam, dengan tujuan agar manusia yang lain bisa terhindar dari berbagai masalah. Di gunung Nglanggeran, masih sedikit fasilitas-fasilitas yang dibangun oleh pihak setempat, terbukti di puncak Nglanggeran bagian timur, hanya ada satu kamar mandi umum, dan beberapa gazebo yang berdiri.

Ngayogjokarto, kutane aman, berhati nyaman, kota seniman, kota pelajar, lan kebudayaan…” sepenggal lirik dari lagu yang berjudul Ngayogjokarto yang dipopulerkan oleh Geng Kobra. Lirik tersebut sudah jelas menggambarkan sedikit dari banyaknya keunikan yang ada pada Yogyakarta. Gunung Ngalnggeran hanyalah secuil dari tempat wisata terbaik di Jogja. Daerah dengan titel istimewanya ini memang tidak ada habis-habisnya untuk diulas, berbagai keistimewaan mulai dari Budaya, Adat, Kuliner, tempat wisata di jogja, hingga manusianya memang istimewa di tempat ini. Dengan corak budaya yang masih kental di berbagai sudut daerah-daerah di Jogja, akan menjadikan jogja berbeda dengan daerah lainnya. (ij/iw)