Mete Organik dari Desa Ile Padung

Mete Organik dari Desa Ile Padung

Kacang mete (Ist)

SHNet – Indonesia memiliki banyak daerah penghasil mete. Sulawesi, Maluku, Jawa dan juga Sumatera. Semua daerah memiliki citra rasa mete yang berbeda-beda.

Tapi, desa ini adalah penghasil mete terbaik. Desa Ile Padung. Sebuah desa pinggir pantai di pelosok Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). Jauh dari riuh keramaian tapi memiliki potensi sumber daya pertanian yang luar biasa.

Warga desa ini hidup sebagai petani. Namun, lahan pertanian mereka di antara batu karang yang kekurangan air. Desa ini memiliki pantai yang bersih dan indah. Sayang tidak ada wisatawan yang tertarik berkunjung. Pantai yang indah, tenang dan bersih, tetap hanya bisa dinikmati oleh mereka sendiri.

Tahun 1980-an pemerintah Propinsi NTT, melirik potensi wisata pantai itu. Hanya saja terlalu gersang dan aksesnya sangat buruk. Karena itu, pantai itu mesti diberi peneduh agar siapapun yang ingin berkunjung tidak terlalu kepanasan. Pemerintah pun menggalakan program tanam mete bagi masyarakat. Itu adalah tanaman yang dipandang cocok dan bisa tumbuh di lahan tandus dan gersang itu.

Warga pun mau menjalankan program penghijauan berbasis tanaman pertanian tersebut. Empat tahun berlalu. Tanaman itu berbuah. Di awal-awal, warga kesulitan mendapatkan pembeli. Namun, seiring waktu berjalan, pengepul dan penadah datang. Lama kelamaan, tanaman itu memiliki nilai ekonomis yang cukup berharga, seperti yang dirasakan saat ini.

Kini total seluruh Desa Ile Padung kini memiliki hampir 200 hektar lahan tanaman jambu mete. Dalam setahun bisa hasilkan hingga 150 ton mete dengan harga rerata Rp 80.000/kg mete organik. Rp 9 miliar!

Penghasil mete terbaik bukan karena klaim mereka sendiri. Tetapi atas dasar penilaian negara-negara lain yang menjadi tujuan ekspor mete. Oh yaa, mete dari Desa Ile Padang kebanyakan dieskpor ke luara negeri.

Jerman, Swiss, Belgia, dan Perancis, Amerika Serikat, Jepang, Singapura, dan Australia yang memberi penilaian mete dari Desa Ile Padang adalah yang terbaik. Bagi mereka, mete dari ujung Flores ini jauh lebih baik dari mete yang dihasilkan di Afrika dan India.

Kacang mete di Desa Ile Padung dihasilkan secara organic. Artinya, petani mete di Desa Ile Padung tidak memetik metenya. Mereka menunggu hingga mete jatuh sendiri dari rantingnya. Dengan demikian, mete benar-benar matang di pohonnya. Mete yang dipetik dan mete yang terlepas secara alamiah dari rantingnya akan berbeda rasa. Nah, rasa itu tak bisa dimanipulasi oleh siapapun. Itulah keunggulannya.

Pengolahannya hingga mete dalam kemasan perlu kesabaran, karena memerlukan waktu lama. Kontak fisik manusia dengan mete diupayakan seminimal mungkin. Mulai dari  pembelahan kacang, pemilahan, serta pembersihan dilakukan secara hati-hati agar mete tidak terkontaminasi.

Bahkan International Marketecologi, sebuah badan inspeksi dan sertifikasi dari Swiss secara khusus datang memeriksa pengolahan kacang mete di Desa Ile Padung ini. Mereka ingin menjaga kualitas mete Ilepadung dan juga penghasil mete lainnya di daratan Flores. Yang ingin mereka jaga, tak hanya kualitas tetapi terutama adalah kearifan lokal dalam menjaga kualitas mete itu.

Kini, kehidupan warga Desa Ile Padang sangat tergantung pada mete. Di waktu lalu, banyak warga desa ini yang memilih merantau ke luar daerah untuk mendapatkan kehidupan ekonomi yang lebih baik. Umumnya ke Pulau Kalimantan dan diam-diam menjadi masuk ke wilayah Malaysia untuk menjadi pekerja di perkebunan sawit Malayasia.

Namun, dengan harga mete yang terus membaik, keinginan warga desa untuk ke Malayasia mulai berkurang. Selain budidaya mete, warga desa kembali aktif  menyadap pohon lontar untuk menghasilkan gula aren dan arak. Pilihan-pilihan itu tak lagi membuat warga desa kebingungan pekerjaan apa yang harus dikerjakan agar perekonomian keluarga bisa berjalan.

Pasaran mete sangat bagus di Indonesia dan apalagi dunia. Tahukah Anda kalau mete mengandung beberapa komponen nutrisi yang sangat berguna bagi tubuh. Misalnya, membantu meningkatkan daya tahan tubuh karena terdapat 33 persen angka kecukupan gizi (AKG) pada elemen zinc, mengurangi perasaan depresi karena ada asam amino tryptophan yang dapat mengatasi rasa sedih dan meningkatkan sensasi semangat.

Mete juga dapat melindungi penuaan kulit serta mengurangi risiko gigi berlubang. (inno j)