Indonesia Memiliki Ikan Cupang Hias Terbesar di Dunia

Indonesia Memiliki Ikan Cupang Hias Terbesar di Dunia

SHNet, Jakarta – Ikan Cupang Hias atau dengan nama latin Betta Splendens, merupakan ikan air tawar yang hidup di alam kawasan Asia Tenggara Seperti Indonesia, Thailand, Singapura, Malaysia. Cupang hias sekarang menjadi salah satu andalan expor Indonesia ke mancanegara.

Dalam sejarahnya ikan cupang dahulu kala hanyalah ikan alam yang hidup di daerah persawahan dan rawa-rawa.

Namun seiring berjalannya waktu, ikan tersebut sudah jauh dari bentuk aslinya dahulu yang konon kurang menarik. Kini cupang bermutasi menjadi ikan yang lebih cantik & menarik.

Ikan ini di Indonesia dikenal dan dipelihara oleh sebagian masyarakat Indonesia sejak tahun 1960-an dan lebih banyak dikenal sebagai ikan cupang sawah.

Ketika itu ikan cupang penggemarnya hanyalah anak-anak dan belum dirambah oleh kalangan orang-orang menengah keatas.

Perubahan terjadi pada tahun 1970, saat itu importir memperkenalkan jenis cupang baru. Ada yang ekor pendek yang sekarang kita sebut dengan ikan cupang aduan, cupang laga, ataupun fighter plakat. Ada juga yang memiliki ekor panjang yang dulu kita kenal dengan cupang jenis slayer.

Pada awalnya, cupang yang dikenal adalah cupang hias jenis slayer ekor lilin, yang datang sebagai primadona cupang hiasnya dan tetap mendominasi sampai era tahun 1990-an. Pada era tahun 1990-an mulailah para penggemar Cupang Hias membudidayakan ikan Cupang Hias mereka sehingga sekarang Cupang Hias memiliki banyak variasi warna dan bentuk ekor.

Cupang Hias jenis baru ini mempunyai ekor yang di hiasi tulang yang lebih menonjol keluar. Ada yang berbentuk duri panjang, sisir tapi biasanya kita sebut jenis serit.

Dan yang menggelembung seperti setengah bentuk dari Bulan yang kini lebih dikenal dengan sebutan Cupang Half Moon.

Pada pertengahan tahun 1990-an, Cupang Hias mulai diperlombakan dan di pamerkan keindahan fisiknya tapi mereka belum memisahkan kategorinya seperti sekarang yang memisahkan bentuk sirip maupun warnanya.

Semenjak adanya kontes ikan cupang konon ikan yang dulu kita kenal ikan aduan atau laga berubah menjadi ikan hias yang memiliki warna dan bentuk ekor yang sangat memukau.

Dan kita seharusnya bangga karena Cupang Serit atau Crowntail Betta diketemukan pertama kali oleh breeder Indonesia. Ikan cupang bukan hanya untuk diadu, melainkan juga untuk dinikmati keindahannya.

Ikan cupang ini juga dipelihara, dikoleksi, dibudidaya dan juga dijual sampai ke luar negeri. Begitulah yang dilakukan oleh para penggemar ikan cupang yang tergabung dalam Komunitas Indo Betta Splendens (INBS)

Maka tak heran, kalau Indonesia merupakan penghasil ikan cupang hias terbesar kedua di dunia, setelah Thailand. Namun kalau cupang alam, Indonesia menjadi penghasil nomor satu didunia. Saat ini kita memiliki sekitar 40 jenis cupang alam yang sudah diteliti. Dan kita lah yang harus melestarikan kekayaan alam dari negeri kita sendiri. (Maya)