Warga Maluku Harapkan Presiden Jokowi Libatkan Tokoh Maluku Di Kabinet

Warga Maluku Harapkan Presiden Jokowi Libatkan Tokoh Maluku Di Kabinet

CALON - Reza Valdo Maspaitella, masuk dalam list putra terbaik Maluku sebagai calon menteri Kabinet Kerja Jilid II Jokowi-Ma'ruf. Bersama Reza yang berprofesi pengusaha ini, juga masuk nama Gubernur Maluku Murad Ismail dan Dirut MRT, William Sabandar. (Ist)

SHNet, JAKARTA – Terpilih kembalinya pasangan Joko Widodo (Jokowi) dan KH Ma’ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024 lewat hasil resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) membawa secercah asa baru bagi rakyat Maluku.

Setelah penantian panjang  selama 41 tahun, rakyat Maluku optimistis pasangan Jokowi-KH Ma’ruf  akan mempertimbangkan untuk menempatkan tokoh asal Maluku pada jajaran Kabinet Kerja Jilid II.

“Saya cukup yakin, Presiden Jokowi akan memenuhi aspirasi dan harapan  rakyat Maluku. Kami  mengusulkan tiga tokoh  asal Maluku, yaitu  Irjen Pol (Purn) Murad Ismail,   Reza Valdo Maspaitella, dan William Sabandar sebagai calon menteri di Kabinet Kerja Jilid II,” kata Ketua Umum Persatuan Indonesia Timur Pro-Jokowi  Boetje Simaela di Jakarta, pada Senin (8/7).

Menurut Boetje, ketiga tokoh itu punya  latar belakang berbeda, di mana   Murad sebagai mantan perwira tinggi Polri yang kini menjabat gubernur Provinsi Maluku, Reza berprofesi sebagai pengusaha, dan William adalah direktur utama PT MRT Jakarta.

Dijelaskan Boetje,  Gubernur Maluku Irjen Pol (Purn) Murad Ismail pernah menjabat  Kakor Brimob Mabes Polri. Lulusan Akpol 1985 ini berpengalaman dalam bidang Brimob. Sedangkan Reza Valdo Maspaitella sebelum menjadi pengusaha, pernah bekerja sebagai profesional di industri perbankan dan keuangan,  baik di dalam maupun luar negeri.  

Reza juga kini dipercayakan sebagai Ketua Komite Tetap (Komtap) Bidang Pengembangan Investasi Dalam Negeri, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia periode 2015-2020. Sementara itu, William Sabandar yang mengawali kariernya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kementerian Pekerjaan Umum, pernah dipercayakan sebagai  Ketua Tim Rekonstruksi Nias, Utusan Khusus Sekretariat Jenderal Asean, Ketua Tim Recovery Pasca Gempa Myanmar,  Staf Ahli Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), serta  Ketua Satgas Nasional untuk percepatan pengembangan energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi.

Boetje Simaela, Ketua Umum Persatuan Indonesia Timur Pro-Jokowi. (Dok/SHNet)

Usulan untuk menjadikan putra terbaik Maluku sebagai calon menteri, kata Boetje, disampaikan untuk memenuhi  amanat lembaga adat  Latupati  beserta  para pemangku kepentingan lainnya di Provinsi Maluku.   “Kami siap bertemu  Presiden Jokowi untuk menyampaikan secara langsung aspirasi rakyat Maluku. Ini menjadi tekad kami. Sebab, sejak era pemerintahan Orde Baru hingga saat ini, belum ada seorang pun tokoh asal Maluku yang dipercayakan untuk menempati kursi di kabinet,” kata Boetje.

Dikatakan lagi, rakyat Maluku sangat mendukung komitmen Presiden Jokowi untuk membentuk kabinet yang diisi  putra-putri terbaik Indonesia yang profesional dan menguasai bidang-bidang strategis. Reza yang punya pengalaman bekerja baik di dalam maupun luar negeri, dinilai memiliki loyalitas, integritas, dan kapabilitas  untuk membantu Presiden Jokowi membangun Indonesia menjadi negara maju, unggul, dan berdaya saing tinggi.   

Aspirasi dukungan untuk menjadikan Reza, William, dan Murad  sebagai menteri, katanya, telah mendapat restu dari lembaga adat Latupati dan para pemangku kebijakan lainnya di Maluku. “Kami optimistis, Presiden Jokowi akan memenuhi aspirasi rakyat Maluku, yang mengharapkan hadirnya putra Maluku dalam jajaran Kabinet Kerja,” katanya.

Menurut Boetje, pada periode pertama pemerintahan, tahun 2014-2019,  Presiden Jokowi telah memberikan perhatian khusus  pada pembangunan di Provinsi Maluku.  Sejak tahun 2014 sampai saat ini, Presiden Jokowi telah lima kali mengunjungi  Maluku  untuk menyaksikan secara langsung proses pembangunan di Kawasan  Timur Indonesia.  

“Selain membangun  infrastruktur di Provinsi Maluku,  Presiden Jokowi kiranya  berkenan menjadikan putra terbaik Maluku sebagai pembantu dekatnya di Kabinet,” kata Boetje.   (Nonnie Rering)