Warga Desa Lubuakbatingkok Manfaatkan Lahan Tanam Sirsak

Warga Desa Lubuakbatingkok Manfaatkan Lahan Tanam Sirsak

SHNet, Jakarta – Tanaman sirsak yang kaya akan manfaat tersebut, sudah dikembangkan para petani di Nagari Lubuakbatingkok, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumbar. Total sirsak yang digarap warga Lubuakbatingkok, sudah mencapai 3.000 batang.

”Untuk pengembangan berikutnya, kami menargetkan, satu rumah warga, menanam 2 batang sirsak. Selain itu, lahan tidur sekitar 25 hektare juga akan kita tanami dengan sirsak,” ujar Wali Nagari Lubuakbatingkok YE Datuak Pangulu Bosa.


Untuk penanaman tersebut, sambung sarjana agama jebolan IAIN Imam Bonjol Padang ini, pemerintah nagari Lubuakbatingkok sudah berkonsultasi dengan Kepala BP4K Limapuluh Kota Ir Khalid. ”Beliau sangat mendukung,” kata Datuak Pangulu Bosa.

Tidak sekedar mendukung, BP4K juga berjanji memfasilitasi petani ke Dinas Perkebunan, untuk pengadaan bibit sirsak.

”Kalau terealisir tahun 2012, kami yakin tiga tahun mendatang, Lubuakbatingkok jadi sentra sirsak di Sumbar,” ujar wali nagari yang punya visi bagus ini.

Selain sirsak, warga Lubuakbatingkok juga mengembangkan kakao. Total tanaman kakao yang berproduksi, sudah mencapai 8.500 batang. Pemerintah nagari sangat berharap, pemerintah kabupaten ataupun provinsi, membantu pula bibit untuk budidaya.

Tidak itu saja, warga Lubuakbatingkok, belakangan juga bergelut dengan usaha pembuatan roti bakar. Roti bakar yang melibatkan sekitar 40 pekerja, di bawah merek Roti Bakar Ezi dan Efo  itu sudah dikemas baik. Pemasarannya juga menembus luar Sumbar. (Maya)