Tim Lomba Desa dan Kelurahan Kunjungi Kelurahan Waihaong, Kecamatan Nusaniwe, Ambon

Tim Lomba Desa dan Kelurahan Kunjungi Kelurahan Waihaong, Kecamatan Nusaniwe, Ambon

SHNet, Jakarta – Kelurahan Waihaong, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon terpilih sebagai perwakilan Provinsi Maluku pada Lomba  Desa dan Kelurahan Tingkat Regional Tahun 2019.

Untuk itu, pada Rabu (17/7),  tim penilai dari Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri melakukan  klarifikasi lapangan di Kantor Kelurahan Waihaong.

Lomba Desa dan Kelurahan bertujuan untuk mengetahui perkembangan dan pembangunan yang dilakukan masing-masing desa dan kelurahan.

Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon, A.G.Latuheru meminta Lurah dan Staf Kelurahan Waihaong untuk dapat menyiapkan seluruh data yang dibutuhkan. “Lurah dan para pegawai Kelurahan Waihaong diharapkan dapat membantu dengan menyediakan data-data yang diperlukan Tim Penilai,” katanya.

Ketua Tim Penilai Lomba, Herie Saksono dalam sambutannya menjelaskan, ada 3 (tiga) hal penting yang menjadi dasar verifikasi lapangan yaitu pada aspek Pemerintahan, aspek Kewilayahaan dan aspek Kemasyarakatan.


Masalah Tata Kelola Pemerintahan, Inovasi, Pengembangan Kewilayahan Kelurahan, Pemberdayaan dan Pengembangan Kapasitas Manusia di Kelurahan serta Perekonomian melalui entitas bisnis di Kelurahan merupakan 5 (lima) hal yang harus menjadi perhatian bersama ke depan.

Diketahui, masuknya Kelurahan Waihaong dalam penilaian tingkat regional IV didasari pada hasil penilaian lomba tingkat provinsi dimana Kelurahan Waihaong mampu menyediakan data fisik sesuai Permendagri No.81 Tahun 2015. (Victor)