Target Desa Wisata Pujon Kidul Raih PaDes hingga Rp 2,5 Milyar

Target Desa Wisata Pujon Kidul Raih PaDes hingga Rp 2,5 Milyar

Desa Wisata Pujon Kidul, Malang, Jawa Timur. (Dok. Booking.com)

SHNet, Jakarta- Desa wisata Pujon Kidul merupakan salah satu desa wisata di Malang yang berhasil mendatangkan 3000 hingga 5000 wisatawan.

Bahkan dari sektor pariwisata, Pujon Kidul dapat meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes) yang semula hanya Rp 30-40 juta per tahun menjadi Rp 1,3 milyar pada 2018. “Tahun ini, kami menargetkan akan meningkatkan PaDes hingga Rp 2,5 milyar,” ujar Kepala Desa Pujon Kidul Udi Hartoko.

Desa Wisata Pujon Kidul adalah salah satu wisata yang ada di Malang terletak Kecamatan Pujon, Malang, Jawa Timur. Pujon Kidul berjarak sekitar 30 kilometer dari pusat kota yang akan menghabiskan waktu kurang labih 1,5 jam saja.

Destinasi yang satu ini cukup mudah untul dijangkau melalui beberapa jalur alternatif. Pujon Kidul menyajikan banyak sekali hiburan berupa tempat-tempat spot foto yang menarik, kuliner, hingga suasana pedesaan yang sejuk dan asri.

Selain itu karena lokasinya berada di dataran tinggi, maka dipastikan udara di sini sangat sejuk dan banyak pemandangan alam yang indah terpelihara.

Desa yang memiliki luas 330 hektare ini disulap mejadi tempat wisata dengan beragam wahana. Mulai dari pertanian, kafe sawah, perah susu, kolam renang, off road, penginapan, sampai tempat swafoto (selfie) yang menarik. Semua dilakukan oleh pemerintah desa dan masyarakat setempat.

Udi mengatakan bahwa prinsip utama membangun Bumdes adalah mampu memberikan dampak kepada aktivitas ekonomi masyarakat. Sejak berdirinya desa wisata ini, masyarakat memiliki ragam usaha tambahan, seperti homestay, sewa kuda, wisata pertanian, wisata ternak, dan sebagainya. (Stevani Elisabeth)