Susu Murni itu Tidak Manis

Susu Murni itu Tidak Manis

Problem susu kental manis yang selama ini salah dalam pemakaiannya memang cukup berbahaya untuk kesehatan anak. Terlebih, penggunaan susu kental manis ini menjadi salah satu penyebab kasus stunting dan gizi buruk di Indonesia.

Susu Kental Manis (SKM) disebut dapat memicu risiko diabetes pada anak. Kandungan gulanya yang tinggi yang mencapai 50% berbanding terbalik dengan kandungan gizinya yang dibutuhkan anak. Oleh karena rasanya yang manis dan cenderung enak, anak yang telah terbiasa mengkonsumsi susu kental manis akan menolak apabila diberi susu asli yang kadar nutrisinya lebih tinggi.

Kepala Dinas Kesehatan NTB dr. Nurhandini Eka Dewi mengatakan sejatinya, susu asli atau susu murni rasanya tidak manis sama sekali. “Secara tidak langsung, minum susu kental manis, gulanya banyak, anak akhirnya tidak suka dengan susu asli. Yang namanya susu itu tidak manis,  anak-anak yang sudah terlanjur, maka tidak akan suka dengan susu yang benar,” tutup Kadinkes.

Belakangan akibat banyak varian susu beredar di pasaran, mulai dari susu murni, UHT hingga susu dengan tambahan perisa buah, mungkin kita jadi abai dengan sifat asli susu. Dikutip dari  Kelompok Studi Profesi Ternak Perah (KSPTP), maka karakteristik susu asli dapat dilihat dari rasa, tekstur, warna, aroma dan kebersihannya. Bagaimana cara mengenalinya? Simak penjelasan berikut ini:

Kenali Rasa

Susu murni yang baik tidak terasa manis bahkan memiliki rasa sedikit asin atau creamy. Walaupun sudah dicampur dengan perasa lain seperti pemanis, biasanya rasa asin tetap terasa.

Tekstur

Tekstur yang dimiliki susu murni seharusnya tidak menggumpal walaupun sedikit kental. Jika susu sebelum diminum memiliki gumpalan atau bulir-bulir, susu tersebut sudah tidak layak untuk dikonsumsi.

Kualitas Warna

Susu murni seharusnya berwarna putih. Namun, jika setelah dicampur dengan air, warnanya berubah menjadi agak kebiruan jangan khawatir karena secara kimiawi berarti susu murni tersebut berkualitas baik.

Aroma Khas

Bau yang dimiliki susu murni yang baik adalah aroma creamy yang khas. Maka ketika bau sudah sedikit masam lebih baik jangan dikonsumsi karena menandakan susu tersebut sudah tidak layak.

Kebersihan Susu Murni

Walaupun belum dicampur bahan kimiawi, susu murni harus tetap bersih. Pastikan ketika membelinya sudah tidak terdapat kotoran fisik seperti darah atau bulu.

Masyarakat cenderung mudah teralihkan mengenai susu murni yang dikaitkan dengan susu kental manis, padahal jelas sekali berbeda. Alhasil iklan kental manis yang sebelumnya menjadi polemik karena mempromosikan kental manis sebagai susu anak dan keluarga mulai ditarik peredarannya pasca BPOM mengeluarkan aturan tentang kental manis yang termuat di dalam Per BPOM No 31 tentang Label Pangan Olahan, Oktober 2018 yang lalu.