Lampung Selatan Pemasok Buah Nangka ke Jakarta

Lampung Selatan Pemasok Buah Nangka ke Jakarta

SHNet, Jakarta – Kabupaten Lampung Selatan dalam beberapa tahun terakhir merupakan pemasok utama buah nangka ke daerah Jakarta dan sekitarnya.     

Sejumlah pedagang pengumpul nangka di Kabupaten Lampung Selatan, mengatakan, mereka tidak hanya memasok buah nangka matang ke pasar buah, tetapi juga buah nangka muda untuk diolah menjadi sayuran.     

“Lampung Selatan memang tidak pernah sepi dari permintaan buah nangka sepanjang tahun untuk kebutuhan konsumsi penduduk di Ibu Kota tersebut,” kata pengumpul di Desa Palembapang, Kecamatan Penengahan, Suseno.      Suseno mengatakan, sebagian besar buah nangka tersebut dikirim saat masih muda untuk diolah menjadi sayuran.

Ia mengaku mengirimkan lima sampai enam truk berisi buah nangka dalam sepekan, yang dikumpulkan dari perkebunan milik penduduk di Kecamatan Panengahan.  

    “Harga nangka Rp 1.000-Rp 2.000 per buah di petani sesuai ukuran,” kata dia.      Kendala yang dihadapi saat ini adalah minimnya petani pembudidaya komoditas itu sehingga saat pemintaan dari Jakarta meningkat, pengumpul kerap tidak dapat memenuhi pesanan itu.      Pengumpul setempat, Ardianto, mengatakan, permintaan buah nangka dari Pulau Jawa memang sangat tinggi.     

“Keuntungan mencapai Rp 1 juta sampai Rp 1,2 juta dalam sekali pengiriman, dengan jumlah mencapai tiga truk besar per pekan,” kata dia.   

  Menurut Ardianto, kesulitan yang dihadapi pengumpul saat ini adalah tanaman tersebut tumbuh tidak beraturan sehingga pengumpul terpaksa harus menyisir seluruh pedesaan untuk mendapatkan buah itu.  

    Dia berharap Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Lampung Selatan dapat membantu untuk meningkatkan produksi buah nangka daerah itu.   

  “Minimal ada bantuan bibit kepada petani agar membudidayakan secara khusus sebagai pendapatan tambahan keluarga,” kata Ardianto.     

Sentra penanaman buah nangka di Lampung Selatan tersebar secara merata di 17 kecamatan, terutama Kecamatan Katibung, Bakauheni, Penengahan, Merbaumataram, Sidomulyo, dan Tanjungbintang. (Maya)