Eksotika Surga Bawah Laut Karimun Jawa

Eksotika Surga Bawah Laut Karimun Jawa

Karimun Jawa. (Dok Tim ASIDEWI)

SHNet, Jakarta- Bagi para pecinta pantai, destinasi wisata yang berada di kawasan Laut Jawa ini patut dikunjungi.

Karimun Jawa yang masuk dalam wilayah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah merupakan suga bagi para wisatawan yang suka suasana laut. Pantainya cantik, pulaunya indah, dan bawah lautnya pun megah. Keindahan yang tiada tara itu membuat siapapun yang bertandang ke tempat ini terbuai.

Destinasi wisata yang satu ini telah dinobatkan sebagai Taman Nasional pada 2001. Ada 27 pulau yang terhampar di Kepulauan Karimun Jawa. Pulau-pulau tersebut antara lain Pulau Kemujan, Nyamuk dan Parang.

Perairan Karimun Jawa menjadi habitat bagi ratusan spesies fauna laut, termasuk penyu sisik dan penyu hijau yang sudah langka.

Tim Ekspedisi Sabuk Nusantara ASIDEWI di Karimun Jawa. (Dok Tim ASIDEWI)

Ekosistem karang dan perairan yang teduh dihuni lebih dari 200 jenis ikan hias. Karenanya wisatawan datang ke Karimun Jawa umumnya punya tujuan mengekplorasi keindahan bawah lautnya.

Kaimun Jawa jadi habitat bagi 200 jenis ikan. (Dok. Tim ASIDEWI)

Fasilitas wisata yang bisa dinikmati di Karimun Jawa antara lain :

● Kolam Hiu, di Pulau Menjangan Besar
● Legon Lele, di Pulau Karimunjawa
● Bukit Love, di Dusun Jatikerep Pulau Karimunjawa
● Bukit Nyamplungan, Bukit Joko Tuo di Pulau Karimunjawa
Tracking Hutan Mangrove, di Desa Kemojan Pulau Kemujan
● Pantai Batu Karang Pengantin, di Desa Kemojan Dukuh Karanglawang Pulau Kemujan.
● Pantai Ujung Gelam, Pantai Nirwana, dan Pantai Batu Topeng di Desa Karimunjawa.
● Pantai Barakuda, di Desa Kemojan Pulau Kemujan,

Untuk sampai ke Karimun Jawa, wisatawan dapat menggunakan ferri dari Jepara atau kapal cepat dari Semarang. Bisa juga menggunakan pesawat dari Bandara A Yani Semarang ke Bandara Dewa Daru Pulau Kemujan.

Di Karimun Jawa di diami oleh penduduk dari berbagai macam suku, yang dominan adalah Jawa, kemudian Bugis dan Madura. Mereka hidup rukun berdampingan dan bersama sama menjaga dan memanfaatkan sumber daya laut dengan arif.

Tim Ekspedisi Sabuk Nusantara, desa wisata benteng NKRI 2019 yang digelar Asosiasi Desa Wisata Indonesia (ASIDEWI) sudah sampai di Karimun Jawa, Jawa Tengah.

Tim ini sebelumnya menjelajah berbagai destinasi di kawasan Indonesia timur. Mulai dari Banyuwangi di Jawa Timur, Tana Toraja Sulawesi,Kepulauan Sunda kecil Nusa Tenggara Timur, dan Pulau Seribu.

Ekspedisi yang berlangsung mulai 10 Juni 2019 ini melibatkan berbagai kalangan di bidang pariwisata di masing-masing daerah. Begitu juga di Karimun Jawa, salah satu kawasan Taman Nasional Laut yang berada di bagian utara Jawa Tengah, tepatnya di Kabupaten Jepara.

Di Karimun Jawa (4-7 Juli 2019) tim ekspedisi selain melakukan eksplorasi potensi pariwisata, juga melakukan berbagai pelatihan untuk pelaku pariwisata.

Untuk materi yang diberikan kepada pelaku pariwisata di masing-masing daerah tersebut diantaranya pelatihan pengelolaan dan pengembangan desa wisata berkelanjutan, penelitian, pemetaan dan pendokumentasian potensi sumberdaya alam dan sumberdaya sosial desa,

workshop pengelolaan akun media sosial dan pembuatan website desa wisata, eksplorasi kawasan, bakti sosial, dan bedah buku ‘Desa Wisata Benteng NKRI. (Andi Yuwono/Ketua Tim Ekspedisi Sabuk Nusantara 2019 ASIDEWI)