Ditjen Bina Pemdes Kemendagri Kirim Tim Klarifikasi ke Desa dan Kelurahan

Ditjen Bina Pemdes Kemendagri Kirim Tim Klarifikasi ke Desa dan Kelurahan

Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri Nata Irawan (Ist)

SHNet, Jakarta – Penyelenggaraan Lomba Desa dan Kelurahan tingkat  Regional Tahun 2019 yang diselenggarakan Direktur Jenderal Bina  Pemerintahan Desa Kemendagri, telah sampai pada tahap klarifikasi  lapangan.

Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri Nata Irawan menjelaskan,  klarifikasi lapangan dimulai tanggal 10 Juli hingga 28 Juli 2019.

“Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri telah mengirimkan tim penilai untuk  melakukan klarifikasi lapangan di lima desa dan lima kelurahan di  setiap regional. Pemilihan lima desa dan lima kelurahan di tingkat  regional ini didasarkan pada perolehan nilai dan peringkat tertinggi  hasil penilaian administrasi,” kata Nata Irawan di Jakarta, kemarin.

Ia menambahkan, data profil desa dan kelurahan hasil pengisian desa dan kelurahan (evaluasi diri) dan dokumen yang telah disampaikan menjadi acuan bagi tim klarifikasi dalam melakukan penilaian di lapangan.

Dirjen Bina Pemdes Kemendagri mengingatkan, dalam rangka sinergitas serta untuk menjaga objektivitas, transparansi dan akuntabilitas, dalam proses penilaian klarifikasi lapangan agar menghadirkan pejabat dari organisasi perangkat daerah (OPD) tingkat provinsi, kabupaten/kota dan kecamatan serta BPD, Tim Penggerak PKK dan masyarakat serta lembaga kemasyarakatan pada saat penilaian di lokasi klarifikasi.

Nata Irawan mengingatkan, untuk efektivitas waktu dan tujuan penilaian, kepada desa dan kelurahan yang diklarifikasi agar tidak menampilkan acara penyambutan (seremonial) yang berlebihan.

“Penyambutan (seremonial) dimaksud tidak menjadi bagian dari penilaian klarifikasi lapangan,” katanya.

Ada empat regional yakni Regional Sumatera  terdiri dari 10 provinsi, Regional Jawa dan Bali terdapat tujuh provinsi,  Regional Kalimantan dan  Sulawesi  sebanyak 11 provinsi, serta Regional Nusa tenggara (NTT dan NTB),  Maluku dan Papua ada enam provinsi.

Tahapan pelaksanaan Lomba Desa dan Kelurahan tingkat Regional tahun 2019, usai klarifikasi lapangan pada 11-28 Juli 2019, berturut-turut adalah Pleno Klarfikasi Lapangan (29 Juli – 1 Agustus 2019), Pemaparan Calon Juara pada 6-9 Agustus 2019, Penetapan Juara pada 12 Agustus dan Pekan Inovasi  Desa dan kelurahan dan Temu Karya Nasional pada 15 hingga 19 Agustus 2019. (Victor)