Desa Tolinggula Tengah Siap Ikuti Lomba Desa dan Kelurahan 2019

Desa Tolinggula Tengah Siap Ikuti Lomba Desa dan Kelurahan 2019

Desa Tolinggula Tengah, Kecamatan Tolinggula, Kabupaten Gorontalo Utara dan Kelurahan Polohungo, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo terpilih mewakili Provinsi Gorontalo pada Lomba Desa dan Kelurahan tingkat Nasional pada Agustus 2019 (iST)

SHNet, Jakarta  – Desa Tolinggula Tengah, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo terpilih ikut Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Regional 2019.

Menurut Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin masuk dalam lima besar merupakan sebuah prestasi bagi Gorontalo Utara meskipun proses penilaian masih terus berlangsung.

“ Nah Sebagai lima besar nasional, kita sudah di pastikan bisa upacara 17 Agustus di istana negara, baik kades nya, DPD, Camat, Pumdes Dan Bupati ” kata Indra.

Indra menambahkan untuk masuk kedalam lima besar tidaklah mudah. Untuk itu ia berharap setiap desa lebih di tingkatkan lagi prestasi – prestasi dan kinerjanya sehingga menjadi contoh bai desa yang lain. .

Pengumuman lomba sudah ditetapkan melalui SK. Gubernur Gorontalo Nomor 198/13/VII/2019 tanggal 3 Juli 2019, tentang Penetapan Hasil Evaluasi Perkembangan Desa/Kelurahan dan Lomba Desa/Kelurahan tingkat Provinsi Gorontalo.

“Hasil lomba ini merupakan capaian yang sangat membanggakan dan mengindikasikan bahwa semangat desa dan kelurahan membangun sudah betul-betul diimplementasikan dengan tata kelola desa yang semakin baik. “ kata Kepala Dinas PMD, Administrasi Dukcapil Provinsi Gorontalo, Slamet Bakri.

Desa Tolinggula Tengah yang direncanakan akan mengikuti lomba desa dan kelurahan tingkat Nasional pada Agustus 2019 tersebut berhasil menyisihkan Desa Suka Makmur, Kecamatan Patilanggio, Kabupaten Pohuwato sebagai juara II dan Desa Talulobutu, Kecamatan Tapa, Kabupaten Bone Bolango, sebagai Juara III.

Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara  terus mendorong dan mendukung pemerintah desa dalam pelaksanaan program kegiatan maupun penyelenggaraan pemerintahan desa.

 Hal itu dikemukakan oleh Sekretaris Daerah, Ridwan Yasin, SH,MH saat memberikan sambutan di Desa Tolinggula Tengah, Kecamatan Tolinggula dalam rangka Lomba Desa tingkat tingkat kecamatan, Rabu (11/9). Sekda  mengatakan, lomba desa ini sangat penting dilaksanakan guna membangkitkan semangat para aparatur dan masyarakat dalam menata lingkungan. Ia juga mengungkapkan, bahwa Pemkab Gorut selalu berupaya untuk hadir bersama pemerintah desa maupun masyarakat.

“Mudah-mudahan ke depan kami akan menyempatkan diri di setiap desa dalam rangka mendorong dan memberikan suport kepada pemerintah desa untuk melaksanakan program kegiatan maupun penyelenggaraan pemerintahan di tingkat desa,” jelas Sekda. Ridwan mengakui, meski belum menjangkau seluruh desa di Kecamatan Tolinggula, namun dirinya yakin bahwa salah satu desa di Tolinggula itu telah mewakili perjuangan desa lainnya.

“Meskipun kami tidak melihat desa-desa lain, tapi dengan perjuangan desa ini (Tolinggula Tengah) yang sudah dua kali berjuang mewakili Kabupaten Gorontalo Utara dan berhasil mewakili provinsi dan ini harus dipertahankan,” ujarnya.  (Victor)