Desa Bumi Jaya, Desa Unggulan di Kalsel

Desa Bumi Jaya, Desa Unggulan di Kalsel

Tim klarifikasi lomba desa dan kelurahan kunjungi Desa Bumi Jaya, Tanah Bumbu, Kalsel (Ist)

SHNet, Jakarta – Tim Klarifikasi Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Regional 2019 melakukan klarifikasi lapangan di Desa Bumi Jaya,  Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimatan Selatan, Selasa (16/7).

“Penilaian Lomba Desa dan Kelurahan serentak dan berlangsung di regional 1, regional 2, regional 3 dan regional 4 se-Indonesia,” ucap Ketua Tim Klarifikasi Lomba Desa dan Kelurahan se-Indonesia Valentinus Sudaryanto.

Dia mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada aparatur desa dan masyarakat Bumi Jaya telah berjuang melaksanakan lomba desa dan kelurahan hingga sampai tahap ini. 

Menurut dia, kehadiran tim di Desa Bumi Jaya menandakan desa tersebut telah lolos dalam penilaian administrasi,  sehingga terpilih menjadi lima besar desa yang masuk dalam penilaian klarifikasi lapangan di regional 3 di wilayah Kalimantan dan Sulawesi. 

“Di regional 3 ada 11 provinsi, dari 11 provinsi kami memilih lima desa, jadi bapak ibu harus berbangga karena dari sekian ribu desa yang ada di regional 3, posisi Desa Bumi Jaya berada di posisi lima besar,” ucapnya. 

Dia menambahkan, klarifikasi lapangan tersebut bertujuan untuk menilai kesesuaian antara data dan informasi yang telah disampaikan dengan kondisi real yang ada di lapangan. 

Selain itu, jelas dia,  klarifikasi lapangan dilakukan untuk menggali lebih dalam  persoalan dan potensi yang ada melalui pengamatan menyeluruh dari beberapa aspek evaluasi secara langsung pada bidang pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan. 

Ia menambahkan,  maksud pelaksanaan lomba desa dan kelurahan yang dilaksanakan setiap tahun untuk mendorong dan memberi motivasi kepada pemerintah desa maupun kelurahan beserta masyarakatnya untuk berlomba bersaing secara sportif , positif dan terintegratif dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat desa.

Pada kesempatan tersebut, Asisten Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Tanah Laut  Safarin mengucapkan selamat datang kepada seluruh tim klarifikasi dan penilai dari pemerintah pusat di Desa Bumi Jaya.

Diutarakannya, Pemkab Tanah Laut sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan tersebut karena dapat memicu seluruh desa di Tanah Laut untuk menggali dan mengembangkan potensi yang dimiliki masing-masing desa serta dapat memberikan masukan yang berguna bagi perkembangan dan upaya pembenahan dimasa yang akan datang.

Turut hadir di acara tersebut Ketua Tim Penggerak PKK Tanah Laut Hj Nurul Hikmah Sukamta, Wakil Ketua I Tim Penggerak PKK Tanah Laut Yati Oktoviana, Camat Pelaihari Akhmad Nopriadi, Kepala Desa Bumi Jaya Mulyono, aparatur Desa Bumi Jaya dan masyarakat setempat. (Victor)