Terpesona dengan Warna Warni Curug Agung Galunggung

Terpesona dengan Warna Warni Curug Agung Galunggung

Terpesona dengan warna-warni Curug Agung Galunggung, Tasikmalaya. (goodnewsfromindonesia.id)

SHNet, Jakarta– Tasikmalaya, merupakan wilayah perbukitan di Jawa Barat yang berudara sejuk. Salah satu daerah di Tanah pasundan ini memiliki banyak air terjun atau curug.

Salah satunya adalah Curug Agung Galunggung. Air terjun yang satu ini punya pesona tersendiri.

Waktu yang tepat untuk melihat indahnya Curug Agung Galunggung ini adalah menjelang senja dan malam. Kita dapat menyaksikan warna-warni cahaya dari curug tersebut.

Cahaya warna- warni pada cucuran air terjun itu rupanya muncul dari lampu LED yang dipasang di belakangnya. Cucuran air yang jatuh bisa berwarna kuning, hijau, merah dan biru.

Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Barat. Pengelola kawasan wisata tersebut juga menyediakan berbagai fasilitas pendukung lainnya. Salah satunya adalah gardu pandang untuk menyaksikan atraksi warna-warni curug itu.

Curug yang berada di kawasan Cipanas ini memiliki ketinggian 60-70 meter. Pengunjung dapat berfoto ria sembari menikmati hamparan pepohonan hijau. Batu-batu di sekitar air terjun pun menghiasi sekitaran air terjun.

Air terjun tersebut terbentuk dari hasil erosi limpasan dari kawah Gunung Galunggung. Sehingga membentuk curug yang sangat indah. Sayangnya, pengunjung yang datang hanya bisa memandang sekaligus mengabadikan keindahan curug dengan kamera. Pengunjung tidak diperkenankan mandi atau berenang di curug karena bahaya.

Bagi pengunjung yang ingin mencapai curug Agung ini, bisa masuk ke pintu gerbang Wisata Gunung Galunggung. Di sebuah persimpangan , pilih arah ke kiri yang sedikit menanjak. Akan terlihat sebuah poster bertuliskan Lokasi Wisata Air Terjun Curug Agung. Dari situ tinggal belok ke kiri, jalan itu akan membawa pengunjung langsung ke air terjun itu.

Tidak ada biaya tambahan untuk menyaksikan Curug Agung Galunggung. Satu-satunya retribusi yang dikenakan adalah saat melewati loket gerbang Wisata Gunung Galunggung.

Tertarik untuk menyaksikan langsung pesona warna warni Curug Agung Galunggung, pengunjung dapat menjangkau destinasi wisata yang satu ini dengan kendaraan roda dua dan roda empat.

Namun, harus dipastikan kendaraan yang digunakan dalam kondisi prima. Hal tersebut dikarenakan topografi Gulunggung cukup curam dan menurun saat jalan pulang, sehingga pengunjung diminta sangat berhati-hati agar tidak melewati pagar besi di sisi jalan. (Stevani Elisabeth)